Inovasi di Masa Pandemi, SMPN 4 Gelar PBM via Radio yang terintegrasi dengan Medsos

Jumat, 13 Agustus 2021, 20:58 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Inovasi di Masa Pandemi, SMPN 4 Gelar PBM via Radio yang terintegrasi dengan Medsos
Seorang guru SMPN 4 Padang Panjang, memberikan materi pelajaran dengan kapasitas lokal yang terisi sebesar 50 persen, Jumat pagi. (kominfo)

PADANG PANJANG (13/8/2021) - Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka terbatas kapasitas 50 persen dimulai di SMPN 4 Padang Panjang, Jumat. Izin PBM tatap muka ini diterima sekolah, Kamis (12/8/2021).

Memaksimalkannya, PBM didukung dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) lewat siaran radio milik sekolah, Resfour FM serta aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting.

Kepala SMPN 4 Padang Panjang, Lely Suarni mengatakan, PJJ dilakukan untuk menyiasati waktu PBM tatap muka yang sudah dipendekkan jam pelajarannya dari 45 menit untuk satu jam pelajaran, jadi 30 menit.

Kemudian, jadwal sekolah per shift, sehingga murid hanya memiliki tiga hari PBM di sekolah setiap minggunya. "Guru-guru siap membantu yang dirasa pembelajaran itu kurang dipahami anak," katanya.

Baca juga: Guru SMPN 43 Padang Boyong Siswa Kelas 8 Pelajari Praktek Materi PPKn di Gedung Parlemen

Terkait pembelajaran lewat radio, murid bisa mengontak guru yang sedang melakukan siaran langsung dengan jadwal pelajaran yang telah ditetapkan per tingkatan kelas dari pukul 13.00-15.00 WIB.

Dikatakan Lely, siaran radio terhubung dengan livestreaming di akun facebook sekolah, sehingga bisa diulang kembali oleh murid.

"Guru, setiap hari siaran di radio dengan jadwal yang telah ditetapkan. Per minggu, misalnya minggu pertama kelas 7, minggu berikutnya kelas 8 dan 9. Saat kelas tertentu menggunakan fasilitas radio, kelas lainnya memanfaatkan pembelajaran online lewat google class atau zoom meeting," jelasnya.

Menurutnya, pembelajaran tersebut cukup memberikan dampak bagi peningkatan pengetahuan siswa, meski tidak seperti saat belajar langsung di sekolah.

Baca juga: Gedung SMPN 2 Tanjung Sani Rusak Diterjang Longsor, Sekolah Diliburkan, Ini Arahan Bupati Agam

Adapun sebelum melaksanakan pembelajaran terbatas, pihaknya telah melakukan persiapan terlebih dulu. Persiapan terhadap Prokes, setiap lokal disediakan tempat cuci tangan dari galon, handwash, tisu yang diletakan di depan kelas masing-masing.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: