Gedung SMPN 2 Tanjung Sani Rusak Diterjang Longsor, Sekolah Diliburkan, Ini Arahan Bupati Agam

Minggu, 16 Juli 2023, 07:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Gedung SMPN 2 Tanjung Sani Rusak Diterjang Longsor, Sekolah Diliburkan, Ini Arahan Bupati...
Bupati Agam, Andri Warman meninjau kerusakan di gedung SMPN 4 akibat diterjang longsor, Jumat malam lalu bersama rombongan, Sabtu. (humas)

AGAM (15/7/2023) - Akibat tertimpa longsor, sebagian gedung SMP Negeri 4 alami kerusakan cukup parah. Sekolah ini merupakan salah satu bangunan yang terdampak bencana longsor di Jorong Sigiran, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat (14/7/2023) dinihari.

Longsor mengakibatkan proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan, karena tingginya material tanah dan kayu besar yang menumpuk di sekolah tersebut.

"Kita secepatnya akan mencarikan solusi terkait anak-anak agar mereka bisa bersekolah lagi," ucap Bupati Agam, Andri Warman saat kunjungi lokasi, Sabtu.

Dia menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, segera mencarikan solusi terkait proses belajar mengajar anak-anak dan sekolah yang tidak bisa digunakan.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Selain itu, tambahnya, akan diupayakan dulu akses jalan raya yang tertimbun material longsor dibersihkan, sehingga dapat dilewati kendaraan.

"Jika akses jalan telah bisa dilalui, kita mengupayakan mereka bisa ditampung di sekolah yang lebih aman untuk sementara waktu," katanya.

Dalam kunjungan itu, dia juga melihat dinding ruang kelas yang jebol akibat longsor dan tingginya material longsor hampir setinggi atap sekolah tersebut.

Usai melihat kondisi di sekolah, bupati menginstruksikan langsung kepada pihak sekolah dan walinagari, untuk segera menginventalisir kerusakan yang disebabkan oleh tanah longsor tersebut. (*)

Baca juga: Agam Raih WTP Kesepuluh secara Berturut-turut, Bupati: Tak Banyak Daerah Mampu Seperti Ini

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: