Musang Langka dan Ular King Koros Dievakuasi Tim Damkar Padang Panjang

Selasa, 27 Juli 2021, 17:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Musang Langka dan Ular King Koros Dievakuasi Tim Damkar Padang Panjang
Musang langka jenis Binturong diamankan Tim Damkar Kota Padang Panjang, di asrama TNI AD Secata B Kota Padang Panjang Ahad siang. (kominfo)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG PANJANG (27/7/2021) - Seekor musang terperangkap di asrama TNI AD Secata B Kota Padang Panjang Ahad siang, sekitar pukul 14.50 WIB. Dengan cekatan, musang yang terperangkap di kandang ayam itu ditangkap, kemudian dikarantina di posko untuk dilepaskan kembali ke habitat aslinya.

"Setelah ditangkap, musang tersebut merupakan jenis Binturong. Penangkapan ini tak berjalan mulus karena musang melakukan perlawanan. Beruntungnya, evakuasi tersebut berhasil dilaksanakan dalam kurun waktu 30 menit," jelas Kepala Bidang Linmas dan Damkar, Jhon Eriko, Selasa siang.

Seperti petugas Bomba di Malaysia atau petugas Fire Fighters di Negeri Paman Sam yang tidak hanya membantu masyarakat dalam hal pemadaman kebakaran, Petugas Damkar Kota Padang Panjang juga mempunyai tugas pertolongan atau rescue dalam hal penyelamatan warga dari binatang liar.

Fungsi penyelamatan ini sudah beberapa tahun belakangan dipromosikan dan dilaksanakan Petugas Damkar Kota Padang Panjang pada masyarakat.

Baca juga: Wako Bukittinggi Serahkan Ratusan Bibit Durian Bawor dan Musang King untuk Warga Panorama Baru

Untuk sementara, terangnya, binturong tersebut dikarantina di Kantor Pemadam Kebakaran sembari berkoordinasi dengan BKSDA Sumbar. "Ada sembilan anggota yang dikerahkan untuk mengevakuasi Musang itu dari rumah warga," terangnya.

Identifikasi yang dilakukan, Binturong itu berjenis kelamin jantan, berusia sekitar 15 tahun dengan panjang dari kepala sampai ekor mencapai kurang lebih 145 cm dan berat sekitar 15 kg.

"Saat ini, kami masih berkoordinasi dengan BKSDA Sumbar terkait dengan Binturong tersebut. Apakah akan dilepasliarkan ke habitatnya atau bagaimana," tambahnya.

Sehari sebelumnya, Sabtu (24/7/2021) personil damkar juga berhasil mengevakuasi ular jenis King Koros yang masuk ke pekarangan rumah warga. Laporan tersebut diterima personil damkar dari ketua RT 10, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca juga: 4.110 Batang Bibit Durian Musang King dan Gajah Segera Dibagikan ke Masyarakat Pessel

Ular yang berhasil dievakuasi dalam kurun waktu sekitar 15 menit itu, diketahui memiliki panjang sekitar 1,8 meter.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: