Bukittinggi Dilanda Banjir Kiriman, Ibentaro: Ayo Jaga Alam

Senin, 17 Februari 2020, 18:01 WIB | News | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Dilanda Banjir Kiriman, Ibentaro: Ayo Jaga Alam
Infografis.

VALORAnews - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi, Ibentaro Samudra mengajak semua elemen masyarakat, menjaga alam.

"Dengan menjaga alam, dengan demikian kita juga akan dijaga oleh alam," ungkap Ibentaro, Senin (17/2/2020).

Menurut dia, salah satu upaya menjaga alam tersebut, tidak menebang hutan secara liar, membuang sampah di saluran air dan membuat sumur resapan.

"Musibah banjir melanda kota Bukittinggi Sabtu lalu, itu akibat banjir kiriman dari Padanglua, Agam. Meskipun Bukittinggi tidak hujan, jika hujan di daerah Padanglua, Bukittinggi akan kebanjiran karena Bukittinggi daerah aliran air dari Padanglua," katanya.

Baca juga: DWP Bukittinggi Antarkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Agam

Bukittinggi merupakan salah satu kota rawan terjadi bencana alam, yakni tanah longsor, banjir. Namun demikian, kata Ibentaro, pihaknya telah siap secara personil dan peralatan untuk menganggulangi bencana bakal muncul sewaktu-waktu.

Selain itu, katanya, BPBD juga telah mengagendakan sosialisasi penanggulangan bencana dan simulasi bencana ke masyarakat, khususnya di daerah rawan bencana yaitu kelurahan Belakang Balok, Bukit Cangang Kayu Ramang.

"Pada triwulan pertama ini, agenda simulasi sudah bisa kita mulai. Sasaran selain masyarakat juga ke sekolah- sekolah," ujarnya seraya mengatakan dengan adanya pelatihan penanganan bencana tersebut dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa. (ham)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: