KWT dan Dasawisma Sepakati Kerjasama Ketahanan Pangan

Selasa, 04 Agustus 2015, 10:11 WIB | News | Kota Payakumbuh
KWT dan Dasawisma Sepakati Kerjasama Ketahanan Pangan
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi menandatangani nota kesepakatan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Payakumbuh, di Balaikota, Senin (3/8/2015). (humas)

VALORAnews - Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dan Ketua TP-PKK, Ny Henny Riza Falepi, menandatangani nota kesepahaman atau perjanjian kerjasama, untuk meningkatkan ketahanan pangan di kota ini, dalam acara Rakor Dewan Ketahanan Pangan Payakumbuh, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (3/8/2015).

Menurut Ny Henny Riza Falepi, pihaknya akan mendorong seluruh kelompok wanita tani (KWT) dan dasawisma kelurahan, untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong dan lahan pekarangan dengan berbagai aneka tanaman. Bagi yang tak memiliki lahan kosong, dapat diganti dengan memanfaatkan polybag.

Dikatakan, kehadiran KWT dan dasawisma disetiap kelurahan, cukup banyak membantu pendapatan keluarga. Disejumlah kelurahan, tambahnya, KWT mampu menambah penghasilan keluarga, minimal Rp1 sampaiRp1,5 juta/bulan. Tanaman yang dikelolanya, di antaranya cabai kopay, sayur-sayuran dan tanaman holtikultura lainnya.

Dalam rangka merangsang KWT dan dasawisma mengembangkan tanaman pangan, pemko bersama Pemprov Sumatera Barat, telah mengucurkan bantuan kepada sejumlah KWT di kota ini.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Rakor yang digelar Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh itu, diikuti 40 peserta, yang merupakan anggota dewan ketahanan pangan kota itu. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar, Efendi, Antoni Jaya (Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh), Depi Sastra (Kadis Perikanan dan Peternakan Payakumbuh), Zulinda Kamal (Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh), pimpinan SKPD, Camat dan undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat membuka kegiatan ini, menyebutkan sesuai dengan program nasional dalam 3 tahun ke depan, target swasembada pangan harus tercapai di Tanah Air, termasuk di Payakumbuh.

Dikatakan Riza dalam siaran pers Pemko Payakumbuh, sukses ketahanan pangan, akan mampu menekan angka inflasi secara nasional. Walikota mencontohkan, hanya dari satu sektor saja, seperti produksi cabe yang turun, akan memacu inflasi lebih tinggi di setiap provinsi.

Karena itu, peran masyarakat lewat kelompok wanita tani (KWT) dan dasawisma, diharapkan mampu meningkatkan swasembada pangan, seperti menanam cabai kopay, jagung dan lainnya. Saat ini kita juga membuat pilot projec jagung 1 Ha lahan dengan mengandeng TNI, ujar walikota

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Kedepan, sebutnya, sebanyak 50 Ha lahan tidur akan dimanfaatkan sebagai kawasan jagung lestari dengan sistim pompanisasi air dengan target produksi 5.000 ton. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: