Irwan Prayitno Ajak Minang Diaspora Berinvestasi ke Sumbar

Senin, 01 Oktober 2018, 19:10 WIB | Kuliner | Internasional
Irwan Prayitno Ajak Minang Diaspora Berinvestasi ke Sumbar
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Mahyeldi (Wako Padang) dan Direktur Eksekutif MDN-G, Burmalis Ilyas serta moderator, saat salah satu sesi FGD di pertemuan Minang Diaspora Network Global (MDN-G), di Deakin University Melbourne Australia, Sabtu (

"Mari kita bangkitkan semangat bangga memakai bahasa Minang, seperti bagaimana orang Jepang yang bangga menggunakan bahasanya di semua kesemapatan dan di mana berada."

"Saya rasa pemakaian kata diaspora perlu dipertimbangkan lagi, karena itu bukan bahasa kita. Sejarah diaspora berawal dari Yunani dan sejarah Yahudi. Orang Minangkabau telah dari dulu akrab dengan kata rantau atau perantau. Lalu kenapa tidak kita pakai istilah perantau saja," ulas Tan Sri.

"In Syaa Allah, Malaysia siap menjadi tuan rumah forum berikutnya dan diharap ada direktori seluruh perantau Minang yang hebat-hebat, termasuk tokoh di ranah," tutupnya.

Direktur Eksekutif MDN-G, Burmalis Ilyas menyebutkan bahwa kehadiran yayasan ini adalah untuk menyatukan perantau Minang di seluruh dunia. "Kita membangun jaringan ini untuk menjadikan orang Minang go internasional, termasuk kuliner dan seni budayanya," ujarnya.

Dijelaskan Burmalis, MDN-G Forum dan Festival Minangkabau 2018 disiapkan panitia lokal yang diketuai Dr M Abduh, Ketua Minang Saiyo Melbourne. "Juga didukung oleh banyak sponsor dari seluruh pelosok dunia," tutupnya.

Setelah acara pengukuhan, dilanjutkan dengan FGD dibidang Budaya dan Pendidikan. FGD dipandu oleh Maskur Chaniago Dt Parpatiah Nan Sabatang dengan pembicara antara lain Prof. Rebecca Fanany, Hasril Chaniago, Prof. Fasli Djalal, Prof. Ismed Fanany.

Topik pariwisata dan energi akan dilanjutkan besok dengan salah seorang pembicaranya adalah Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno. Turut hadir walikota Padang, Walikota Payokumbuah, Walikota Pariaman, tokoh perantau Minangkabau dari berbagai negara dan alumnus Deakin University, Miko Kamal. (rls/vry)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: