Minang Diaspora Network Global Gelar Pertemuan di Melbourne: Mahyeldi Gagas Pertemuan Perantau Minang se-Dunia 2020 di Padang

Senin, 01 Oktober 2018, 17:47 WIB | Kuliner | Internasional
Minang Diaspora Network Global Gelar Pertemuan di Melbourne: Mahyeldi Gagas Pertemuan...
Wako Padang, Mahyeldi mempresentasikan potensi Kota Padang pada peserta pertemuan Minang Diaspora Network Global (MDN-G) di Melbourne, Australia, 29 September 2018. Pertemuan ini digelar sampai 2 Oktober 2018. (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi mengikuti rangkaian kegiatan jaringan perantau Minang Dunia yang tergabung dalam Minang Diaspora Network Global (MDN-G) di Melbourne, Australia, 29 September sampai 2 Oktober 2018.

MDN-G yang digagas Minang Saiyo Melbourne ini, dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Hendra Irwan Rahim (Ketua DPRD Sumbar), Mukhlis Rahman (Walikota Pariaman), Riza Fahlepi (Walikota Payakumbuh) serta beberapa SKPD Pemprov Sumbar serta para perantau Minang dari berbagai negara.

Di kesempatan itu, Mahyeldi menjelaskan, banyak potensi-potensi yang dimiliki perantau di berbagai negara yang bisa dikapitalisasi untuk pembangunan Kota Padang. Baik yang berkaitan dengan investasi, kerjasama pendidikan, IT, kesehatan dan yang lainnya.

"Kita sudah menyiapkan beberapa agenda kerjasama, termasuk menindaklanjuti MoU Gubernur Sumbar dengan Deakin University Melbourne," ungkap Mahyeldi, Ahad (30/9/2018).

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Di kesempatan itu, Mahyeldi didampingi Kepala Dinas PMTSP, Rudy Rinaldy, Yenni Yuliza (Kepala Dinas PRKPP), Edi Dharma (Kabag Perekonomian) dan Harneli Bahar (Ketua PKK Kota Padang).

Mahyeldi menambahkan, sinergitas dengan MDN-G juga akan ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan perantau Minang se-dunia pada 2020, sebagai bentuk langkah konkrit Pemko Padang untuk melibatkan perantau yang tersebar di berbagai negara, dalam pembangunan Kota Padang dan Sumatera Barat.

"Niat baik para perantau untuk membangun kampung halaman, harus kita sambut baik. Apalagi, banyak dari perantau kita yang memiliki kemampuan luar bisa. Ada yang ahli ekonomi dan pengusaha, pejabat militer, dosen dan profesi lainnya," ujar Mahyeldi.

Pada acara tersebut, Mahyeldi juga mempresentasikan peluang investasi di Kota Padang serta peluang kerjasama lainnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Adapun rangkaian kegiatan MDN-G antara lain, Seminar Adat Budaya Dan Pendidikan, Seminar Investasi serta Pariwisata Minang Diaspora Networ Global Meeting dan Festival Minangkabau. Juga digelar pertemuan dengan pejabat City Council Of Port Melbourne membahas tentang Waste Management dan Perencanaan Penataan Kota yang baik yang terintegrasi dengan dinamika kota.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: