Irwan Prayitno Ajak Minang Diaspora Berinvestasi ke Sumbar

Senin, 01 Oktober 2018, 19:10 WIB | Kuliner | Internasional
Irwan Prayitno Ajak Minang Diaspora Berinvestasi ke Sumbar
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi Mahyeldi (Wako Padang) dan Direktur Eksekutif MDN-G, Burmalis Ilyas serta moderator, saat salah satu sesi FGD di pertemuan Minang Diaspora Network Global (MDN-G), di Deakin University Melbourne Australia, Sabtu (

VALORAnews - Gubernur Sumatra Barat, Prof Irwan Prayitno mengukuhkan kepengurusan Yayasan Minang Diaspora Dunia atau Minang Diaspora Network Global (MDN-G), di Deakin University Melbourne Australia, Sabtu (29/9-2018).

MDN-G adalah sebuah yayasan yang baru berdiri dengan tujuan utama adalah menghimpun dan menghubungkan para perantau asal Minangkabau seluruh dunia. MDN-G lahir terinspirasi dengan pertemuan Indonesia Diaspora sedunia yang digagas Dino Patti Jalal, mantan Dubes RI di Amerika Serikat.

Pengurus MDN-G yang dikukuhkan adalah, Presiden Dr Dino Patti Djalal, Direktur Eksekutif Burmalis Ilyas, Sekjen Dr Yuliandre Darwis dan Bendahara Umum, Dr Ivan Rizal Sini.

Pengurus MDN-G diperkuat dengan Dewan Pembina yang diketuai Prof Emil Salim, Dewan Penasehat diketuai Tan Sri Dato' Seri Utama Dr Rais Yatim, Dewan Pengawas diketuai Dr Arcandra Tahar dan Ketua Dewan Pakar diketuai Dr Rizal Ramli.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar di Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia

Dalam sambutannya, Irwan Prayitno mengungkapkan kebanggaannya dengan Tan Sri Dato' Seri Utama Dr Rais Yatim yang sukses di pemerintahan Malaysia. "Beliau selalu menjaga adat budaya Minangkabau di Malaysia," ujarnya.

Dikatakan Irwan, Pemprov Sumbar sangat berharap masukan dari MDN-G Forum yang akan menggelar FGD. "Sumbar butuh sentuhan dunsanak rantau, terutama investasi untuk pembangunan kampung halaman. Karena APBD kita sangat terbatas," ungkap Irwan.

Menurut Irwan, Pemprov Sumbar akan terus merangkul perantau untuk bersama-sama membangun daerah dengan berinvestasi di segala bidang, termasuk ide-ide cemerlangnya.

"Harapan Prof Fasli Jalal (mantan Wamen Pendidikan), usahakan minimal satu rekomendasi MDN-G Forum dilaksanakan, tapi kita akan usahakan lebih banyak lagi yang bisa kita kerjakan bersama," tegas Irwan Prayitno.

Baca juga: Mahyeldi Temui Deputi RR BNPB, Bicarakan Pendanaan Perbaikan Kerusakan Bencana

Irwan Prayitno mengaku bangga dan berterima kasih atas fasilitas tempat dari Prof Ismet Fanany, Guru Besar Deakin University, sehingga perantau Minang dari seluruh dunia bisa bertemu. "Saya juga mengapresiasi kerja keras tokoh muda, Burmalis Ilyas yang bisa menyatukan perantau Minang se Dunia melalui MDN-G," ujarnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: