Pasar Rakyat Batu Basa Raih Juara II Tingkat Provinsi

Minggu, 19 Agustus 2018, 18:54 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Pasar Rakyat Batu Basa Raih Juara II Tingkat Provinsi
Walinagari III Koto Aur Malintang, H Azwar Mardin menerima hadiah secara simbolis dari Wagub Sumbar, Nasrul Abit sebelum upacara penurunan bendera HUT RI ke-73, Jumat (17/8/2018) sore di halaman kantor gubernur Sumbar. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pasar Rakyat Batu Basa, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padangpariaman jadi pemuncak II tingkat provinsi pada Lomba Pasar Rakyat 2018 yang dikelola nagari/koperasi.

Penyerahan hadiah, dilakukan Wagub Sumbar, Nasrul Abit, sebelum upacara penurunan bendera HUT RI ke-73, Jumat (17/8/2018) sore di halaman kantor gubernur Sumbar. Hadiah berupa sertifikat dan tabanas senilai Rp20 juta yang diterima Walinagari III Koto Aur Malintang, H Azwar Mardin.

"Keberhasilan ini tak lepas dari kerjasama Komisi Pasar yang terdiri dari unsur niniak mamak, pangulu pasa (pemilik lahan) dan pemuda dengan pihak nagari," ungkap Azwar Mardin yang baru terpilih jadi walinagari pada Pilwana yang digelar 4 April 2018 lalu, Ahad (19/8/2018).

Dikatakan, pembenahan pasar nagari ini telah dimulai sejak 2013 dan 2014 melalui program PNPM Perdesaan. Kemudian dilanjutkan dengan bantuan dari Pemkab Padangpariaman.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

"Sejak digulirkannya program Dana Desa, pembenahan pasar juga terus dilakukan dengan dana tersebut. Dana sebesar Rp70 juta lebih pada 201i ini, digunakan untuk pembenahan fasilitas pendukung pasar," terangnya.

Dengan masuknya berbagai dana tersebut, akhirnya pasar yang hari pasarnya setiap Rabu itu, jadi lebih tertata. Yakni adanya pemisahan (zonasi) antara pedagang basah dengan kering. Kemudian, lahan parkir yang tersedia cukup luas, pengelolaan sampah dan pengelolaan kebersihan lainnya.

"Berkat kerja keras komisi pasar dan pihak nagari dalam melakukan penataan, ternyata diapresiasi positif tim penilai dari Dinas PU, Dinkes, Koperindag, Dinas LH dan lainnya sehingga jadi juara 2 tingkat provinsi," terangnya.

"Alhamdulillah, kita berhasil menyisihkan wakil dari kabupaten/kota se-Sumbar sehingga jadi juara II tingkat provinsi setelah pada lomba tahun sebelumnya berhasil jadi juara 3," tambahnya.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Untuk tahun anggaran 2019 nanti, ungkap dia, fasilitas pendukung lainnya akan terus ditambah. Salah satunya yakni papan pengumuman harga setiap komoditi yang dijual dan pemasangan speaker disetiap bagian pasar.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: