Serambi Derby 2015 Meriah: Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan

Minggu, 29 Maret 2015, 12:27 WIB | News | Kota Padang Panjang
Serambi Derby 2015 Meriah: Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan
Serambi Derby 2015 Meriah Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan

VALORAnews - Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menilai, kondisi gelanggang pacuan kuda Bancah Laweh Padangpanjang, perlu ditingkatkan. Sehingga, bisa digunakan untuk iven pacu kuda berskala nasional bahkan internasional.

"Kita akan mencoba memperjuangkannya melalui anggaran provinsi. Mudah-mudahan pada Serambi Derby berikutnya, bisa lebih megah dan menarik," ungkap Hendra, saat membuka Pacukuda Serambi Derby 2015 di Padangpanjang, Minggu (29/3/2015) sebagaimana relis yang diterima redaksi.

Alek pacu kuda ini berlangsung dua hari, Minggu dan Senin (29-30/3/2015). Setelah tak digelar sejak 2012 lalu, alek pacu kuda kali ini terlihat meriah. Pengunjung juga berjubelan.

Hadir pada kesempatan itu Walikota Padangpanjang, H Hendri Arnis, Ketua TP PKK Ny Hj Maria Hendri Arnis, Ketua DPRD Padangpanjang Asril Kasoema, Dirut Bank Nagari (BPDSumbar) Suryadi Asmi, Muspida beserta Pimpinan SKPD Kota Padangpanjang.

Baca juga: Kuda "Urang Lah Tau" jadi Jawara Kelas Draf Bogie Baru

Sementara, Hendri Arnis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terlaksananya pacu kuda Serambi Derby 2015 ini.

"Pemko Padangpanjang dari lubuk hati yang dalam, mengucapkan terimakasih kepada sponsor, panitia dan semua pihak lainnya yang terlibat demi suksesnya acara ini, terutama dari kalangan Ninik Mamak Nagari Gunuang, Bukik Surungan dan Lareh Nan Panjang," katanya.

Pada kesempatan lain, Kabag Humas Pemko Padangpanjang, Ampera Salimmengatakan, pacuan kali ini akan memperlombakan 15 kelas, yang terdiri atas 31 race dan dibagi dalam berbagai klasifikasi dan kelompok umur.

Klasifikasi dan kelompok umurnya yakni Kelas AB (kuda tinggi di atas 154 cm), kelas C (149-152,9 cm), kelas D (144-148,9 cm), dan paling bawah kelas E dengan kuda tinggi di bawah 144 cm. Sedangkan kelompok umurnya 2 tahun, 3 tahun dan terbuka (open).

Baca juga: Pacu Kuda adalah Agenda Budaya yang Perlu Dilestarikan

"Sebagai puncak lomba yaitu kelas boko (1 race) dengan jarak 1.600 meter. Race ini akan digelar di hari kedua dan diikuti 6 kuda terbaik Sumbar, yakni Putra Ngalau, Zero Star, Black Nov, Minang Saiyo, Sinar Taeh dan Jaka Biaro," katanya sambil menyebutkan total kuda yang akan berlomba 71 ekor.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: