Makan Bajamba di Istano Basa Awali TdS 2017, Wagub: Pembalap Tampak Batambuah

Sabtu, 18 November 2017, 20:03 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Makan Bajamba di Istano Basa Awali TdS 2017, Wagub: Pembalap Tampak Batambuah
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menemani Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty dan rombongan TdS 2017, makan bajamba di Istano Basa Pagaruyung, Jumat (17/11/2017) malam. (humas)

VALORAnews - Grand start balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017, diawali dengan Makan Bajamba di Ruang Pertemuan Istano Basa Pagaruyung. Prosesi makan bajamba sekaligus pengganti makan malam.

Makan Bajamba diikuti ratusan pembalap dan official peserta TdS. Iven ini dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi dan kabupaten/kota serta masyarakat dan tokoh masyarakat setempat.

Nasrul Abit mengatakan, Makan Bajamba ini bertujuan memperkenalkan tradisi Minangkabau kepada dunia terkhusus peserta dan semua yang terlibat dalam ajang TdS serta pengunjung.

"Saya lihat mereka (pembalap) sangat menikmati, sampai batambuah (nambah)," tutur Nasrul Abit, Jumat (17/11/2017) malam.

Baca juga: Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Sampaikan Filosofinya

Disampaikan Nasrul Abit, menu makan bajamba menyajikan masakan khas Ranah Minang, mulai dari rendang, panggang ikan dan variasi makanan lainnya.

Grand opening TdS XIX 2017 akan dibuka langsung Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty. Selanjutnya, setelah pembukaan, besoknya akan dilangsungkan start etape pertama dari Istano Basa Pagaruyung dan finish di Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang.

"Malamnya, juga ada artis ibukota, Arman Maulana," ujar Nasrul Abit.

Dia berharap, pelaksanaan TdS bisa lebih memantapkan promosi pariwisata Sumbar di mata dunia. "Kami juga berharap dukungan masyarakat untuk menyukseskan kegiatan ini. Kalau bukan kita siapa lagi," tutupnya. (rls/kyo)

Baca juga: TK Islam Al Wirdah Kenalkan Tradisi Makan Bajamba ke Murid, Diikuti Orang Tua dan Guru

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: