TK Islam Al Wirdah Kenalkan Tradisi Makan Bajamba ke Murid, Diikuti Orang Tua dan Guru

Minggu, 03 September 2023, 07:30 WIB | Kuliner | Kota Bukittinggi
TK Islam Al Wirdah Kenalkan Tradisi Makan Bajamba ke Murid, Diikuti Orang Tua dan Guru
Kepala Sekolah TK Islam Al Wirdah, Syamsul Biani, disela kegiatan makan bajamba yang diikuti murid, guru dan orang tua, Sabtu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (2/9/2023) - Murid Taman Kanak-kanak (TK) Islam Al Wirdah Bukittinggi bersama guru dan orang tua, praktekan tradisi 'makan bajamba' di sekolah itu, Sabtu.

Kegiatan "makan bajamba" ini sekaligus memperkenalkan budaya Minang khususnya budaya masyarakat Kurai Bukittinggi pada anak-anak.

"Kegiatan makan bajamba ini juga bagian dari melestarikan budaya Minang. Makan bajamba juga untuk menjaga warisan Minang agar terus dapat dilestarikan," ungkap Kepala Sekolah TK Islam Al Wirdah, Syamsul Biani, disela kegiatan.

Murid TK Islam Al Wirdah Bukittinggi bersama guru dan orang tua, praktekan tradisi
Murid TK Islam Al Wirdah Bukittinggi bersama guru dan orang tua, praktekan tradisi 'makan bajamba' di sekolah itu, Sabtu. (hamriadi)

Kepsek yang akrab disapa Buk Can ini mengatakan, kegiatan "makan bajamba" ternyata disenangi anak-anak.

Baca juga: Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Sampaikan Filosofinya

"Saya lihat, anak-anak sangat senang dengan "makan bajamba" tersebut. Dalam kegiatan "makan bajamba" kita juga mengajarkan cara duduk bagi anak laki-laki dan perempuan," paparnya.

Buk Can didampingi sejumlah guru di TK Islam Al Wirdah menegaskan, dalam kegiatan "makan bajamba" para murid juga diperkenalkan jenis-jenis sambal khas masakan Minang, seperti rendang, gulai ikan dan lainnya.

Diketahui, "makan bajamba"atau juga disebutmakan barapakadalah tradisi makan dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu wadah yang dilakukan masyarakatMinangkabau.

Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agamaIslamdan berbagai upacara adat, atau pertemuan penting lainnya.

Baca juga: Makan Bajamba Hiasi Pelaksanaan Musrenbang Nagari Tabek

Asal usul makan bajamba berasal dariKt Gdng,Agm,Sumatera Baratdn sudah dimulai jk bd k-7, ttn ketika wl masuknyaIslam k Mnngkbu.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: