Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Sampaikan Filosofinya

Minggu, 03 Maret 2024, 18:15 WIB | Kuliner | Provinsi Sumatera Barat
Mendagri Ikuti Tradisi Makan Bajamba Ala Minang di HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi mempersilahkan Mendagri, Tito Karnavian menikmati hidangan dalam konsep Makan Bajamba pada rangkaian kegiatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas tingkat nasional di Padang, Sabtu. (humas)

PADANG (3/3/2024) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian menyatakan, Pemprov Sumatera Barat merupakan tuan rumah paling siap untuk menghelat peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas tingkat nasional.

Alasan lainnya dalam memilih Sumatera Barat sebagai tuan rumah, ungkap Tito, terkait dengan kekhasan adat istiadat Ranah Minang.

"Sebelum memutuskan Sumbar sebagai tuan rumah, banyak masukan dari rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas provinsi lain yang mengharapkan Sumbar dijadikan tuan rumah. Selain dikenal dengan kekhasan budaya, adat istiadat, termasuk pariwisata dan kulinernya, ternyata banyak yang mau datang ke Sumbar," ucap Tito usai iven Makan Bajamba.

Pada momen ini, Tito Karnavian beserta jajaran tampak menikmati prosesi Makan Bajamba di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Baca juga: Mendagri Hadiri Puncak HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Minta Status Honorer Naik jadi P3K

Dikesempatan itu, Tito juga berbagi banyak cerita soal kagandrungannya terhadap masakan khas Ranah Minang.

"Masakan Padang sering menyelamatkan saya. Selama bertugas di berbagai daerah, sehabis acara, saya selalu cari Nasi Padang, karena memang Rumah Makan Padang itu selalu ada di daerah manapun di seluruh Nusantara," kelakar Mendagri yang disambut riuh tepuk tangan peserta Makan Bajamba.

Kesetaraan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyatakan, bahwa peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional tahun ini adalah sejarah yang istimewa bagi Sumbar.

Baca juga: SF Hariyanto Dilantik jadi Pj Gubernur Riau, Mendagri: Perkuat SDM, Riau Kaya Sumber Daya Alam

Sebab, setelah 74 tahun usia Satpol PP dan 62 tahun usia Satlinmas, peringatan hari jadi kedua satuan tersebut akhirnya bisa berlangsung di Ranah Minang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: