Hujan Es dan Puting Beliung Hantam Lubuk Simato

Sabtu, 26 Agustus 2017, 21:09 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Hujan Es dan Puting Beliung Hantam Lubuk Simato
Tiang listrik roboh lalu menghantam rumah warga, usai hujan es disertai angin puting beliung, melanda Jorong Lubuak Simato, Nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka, Sabtu (26/8/2017) sekitar pukul 14.30 WIB. (bpbd limapuluh kota)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Puluhan rumah rusak akibat dihantam angin puting beliung yang melanda Jorong Lubuak Simato, Nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka, Sabtu (26/8/2017) sekitar pukul 14.30 WIB. Angin puting beliung ini menghantam seiring turunnya hujan deras disertai butiran es di kawasan itu.

"Tidak ada korban jiwa dan kejadian ini. Juga tidak ada warga yang diungsikan," ungkap Kabid KL BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol, Sabtu malam.

Laporan yang dihimpun,ungkap Rahmadino, rumah rusak kategori sedang terjadi pada 11 unit rumah warga. Sedangkan rusak ringan pada 10 unit rumah. Sedangkan rusak berat, 1 unit rumah ibadah, Masjid Hidayah di Jorong Batu Galeh mengalami rusak sedang.

"Kita telah melakukan tindakan evakuasi dan pembersihan terhadap rumah yang tertimpa puing puing pohon yang rubuh dengan mengunakan chain saw bersama masyarakat dan relawan KSB," ungkap Rahamdinol.

Baca juga: Bencana Puting Beliung Solsel, Muzni: 65 Kodi Seng Siap Dibagikan

"Kurangnya peralatan lapangan seperti chainsaw dan peralatan pendukung lainnya seperti tali tambang, membuat proses pembersihan material berjalan agak lamban," tambahnya.

Personel yang diturunkan dalam kejadian mencapai puluhan orang terdiri dari BPBD, Damkar, Kepolisian, Babinsa, petugas medis, Dinas Sosial, Tagana dan masyarakat setempat. "Dianggap selesai, karena telah dilakukan evakuasi pembersihan puing puing," ungkap Rahamadinol sekaitan kejadian ini. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024