Masa Tanggap Darurat Banjir Halaban dalam Sepekan

Jumat, 25 Agustus 2017, 17:46 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Masa Tanggap Darurat Banjir Halaban dalam Sepekan
Wabup Limapuluh Kota. Ferizal Ridwan pimpin rapat tanggap darurat bencana banjir bersama Plt Sekdakab M Yunus serta jajaran Forkopimda di ruangan rapat kantor Bupati, Jumat (25/8/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Terhadap posko utama tanggap darurat, akan didirikan di halaman kantor BPBD, atau di kawasan kantor bupati lama. Adapun, untuk posko pembantu di lapangan akan didirikan di Jorong Lurah Bukit. Sehingga jika ada bantuan logistik, dapat didroping atau didistribusikan secepatnya ke Balaipanjang.

Plt Sekdakab, M Yunus, menyebutkan, secara teknis penanganan dampak bencana di Balaipanjang akan dilangsungkan selama 6 hari ke depan, dengan masa kerja 24 jam sehari, jika dibutuhkan. Ia meminta seluruh personil pemerintah daerah dapat membagi waktu kerja, serta membangun komunikasi terutama antar OPD.

"Seperti data-data baru menyangkut kebutuhan, kerusakan atau laporan penerimaan dan pendistribusian bantuan, itu harus didudukkan di posko tanggap darurat. Agar bisa memudahkan kita mengambil tindakan secara teknis. Mudah-mudahan, bisa terlaksana sesuai target masa tanggap darurat," sebut M Yunus.

Baca juga: P2TP2A Mande Rubiah Salurkan 110 Paket Bantuan ke Carocok Anau

Berdasarkan data BPBD Limapuluh Kota, banjir bandang sudah melanda kawasan pemukiman penduduk serta fasilitas umum lainnya di tiga Jorong, Kenagarian Balaipanjang, yakni Jorong Lurah Bukik, Tareh dan Tampuang Kodok. Bencana banjir disebabkan tingginya curah hujan di kawasan tersebut, sejak Rabu (23/8/2017) malam.

Luapan air tersebut kemudian membawa material tanah dan kayu lalu menggenangi ratusan hektar sawah, menghantam 2 buah jembatan, 1 bangunan Sekolah Dasar (SD) yakni SDN 03 Balaipanjang serta sekitar 67 rumah penduduk. Banjir, dikatakan, juga mengakibatkan terputusnya jaringan Pamsimas sebagai sumber air bersih masyarakat setempat.

"Juga dari hasil pendataan kita, ada 1 unit rumah terendam banjir di Jorong Seberang Air di Nagari Batupayuang, tapi sudah tertangani," ujar Rahmadinol, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Limapuluh Kota. (rls/kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024