Jorong Koto Panjang Belum Tersentuh: Bantuan Menumpuk di Posko Koto Panjang, Tan Rajo: Pemkab Terlalu Administratif

Sabtu, 11 Maret 2017, 07:55 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Jorong Koto Panjang Belum Tersentuh: Bantuan Menumpuk di Posko Koto Panjang, Tan Rajo:...
Aktivis Total Indonesia, foto bersama usai memasang sky hidran untuk warga Jorong Koto Panjang, Nagari Pangkalan, kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (10/3/2017) sore. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemkab Limapuluh Kota dinilai terlalu administratif dalam menyalurkan bantuan yang diberikan berbagai elemen masyarakat bagi korban banjir di daerah itu. Akibatnya, penyaluran bantuan yang harusnya bisa lebih cepat diterima para korban banjir yang tersebar di 8 kecamatan, jadi tertahan di posko bencana Pangkalan.

"Hal ini terjadi, karena lemahnya assesment dan pemetaan dampak bencana oleh pihak berwenang. Akibatnya, bantuan lebih banyak menumpuk di posko Pangkalan ketimbang yang telah terdistribusikan," ungkap aktivitas Total Indonesia, Tan Rajo Khairul Anwar dalam pernyataan tertulisnya yang diterima, Sabtu (11/3/2017).

Penilaian ini disampaikan Tan Rajo, usai memasang Sky Hydran di Jorong Koto Panjang, Nagari Pangkalan, kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (10/3/2017) sore. Di jorong berpenduduk sekitar 500 jiwa itu, sejak banjir melanda pada Jumat (3/3/3017) dinihari, baru tersentuh pasokan air bersih setelah sepekan kemudian.

Dikatakan Tan Rajo, bersamaan dengan pemasangan sky hydran untuk ketersediaan air bersih di Jorong Koto Panjang itu, Total Indonesia juga menyalurkan bantuan berupa kain sarung. "Persoalan assesment ini, harusnya telah tuntas satu hari setelah bencana. Sehingga, ada pemetaan masalah warga terdampak banjir," terangnya.

Baca juga: Pemkab Agam Akselerasi Pembangunan Rumah Relokasi untuk Korban Banjir Bandang Agam

"Dengan begitu, setiap bantuan yang datang, jadi bisa langsung diberikan sesuai kebutuhan masyarakat terdampak banjir. Selain itu, warga yang ingin membantu juga bisa lebih fokus sesuai dengan kebutuhan korban," tambah Tan Rajo. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024