Tim Yudas-Korta Klaim Menangi Pilkada Mentawai

Kamis, 16 Februari 2017, 19:38 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Tim Yudas-Korta Klaim Menangi Pilkada Mentawai
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Pandong S Nabris (kiri) mengacungkan tanda victory (kemenangan) bersama tim pemenangan Yudas-Korta, usai pencoblosan pada Pilkada Mentawai, Kamis (16/2/2017) di Tuapeijat. (istimewa)

VALORAnews - Tim Pemenangan Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake mengklaim, pasangan calon bupati dan wakil bupati Mentawai yang diusung PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Gerindra dan PAN, memenangi pemilihan serentak 2017 di kabupaten Kepulauan Mentawai. Pasangan calon nomor urut satu ini diklaim berhasil memperoleh 21.925 atau 41,81 persen, berdasarkan rekapitulasi real count yang digelar tim di posko pemenangan.

"Suara sah yang telah masuk ke posko pemenangan Yudas-Kortanius sebanyak 39.834 atau 93.33 persen. Sisa suara yang masih belum direkap sebesar 2.848 atau 6.67 persen lagi," ungkap Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Pandong S Nabris dalam siaran pers yang diterima, beberapa saat lalu.

Dikatakan Pandong, peroleh suara yang direkap ini berdasarkan update hari ini per pukul 12.00 WIB. Sedangkan pasangan Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja yang diusung Partai Hanura dan Partai Demokrat, tercata meraih perolehan suara sebesar 17.909. Paslon nomor urut dua meraih 34,15 persen.

"Catatan kami, suara yang belum masuk sebesar 2.848 lagi. Jika selisih perolehan suara ini dibandingkan dengan persentase suara masuk ditambah suara sisa, maka kemenangan Yudas-Korta sudah tidak terkejar lagi walaupun semua suara sisa ini diperoleh pasangan sebelah," ungkap Pandong.

Baca juga: Yudas-Korta Akhirnya Diusung Koalisi 6 Parpol

Ditegaskan Pandong, tim pemenangan Yudas-Korta saat ini dalam posisi menunggu tahapan penetapan perolehan suara secara berjenjang oleh KPU. "Saya pastikan, kemenangan Yudas-Korta hanya tinggal legitimasi pleno penetapan pemenang Pilkada oleh KPU Mentawai," klaim Pandong soal akurasi pencatatan perolehan suara timnya yang cukup persisi.

Kemenangan Yudas-Korta ini, mengartikan keberlanjutan kepemimpinan lima tahun kedepan. "Menangnya Pak Yudas, tidak lepas dari kepercayaan masyarakat di Mentawai. Hal itu tidak lepas dari prestasi dan capaian kerja Pak Yudas selama memimpin Mentawai di periode jabatan pertama," ujar Pandong.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Mentawai sebanyak 53.557 pemilih. Terdiri dari 28.019 pemilih laki-laki dan 25.538 pemilih perempuan. Mereka tersebar di 43 Desa pada 10 Kecamatan. Nantinya, mereka akan menggunakan hak pilihnya pada 228 TPS.

Baca juga: Paslon Yudas-Kortanius Bakal Didaftarkan di Last Minute

Rinciannya, Kecamatan Pagai Utara dengan jumlah pemilih 3.808, Kecamatan Sipora Selatan 6.468, Kecamatan Siberut Utara 4.628, Kecamatan Siberut Barat 3.588, Kecamatan Siberut Barat Daya 4.371 pemilih.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: