Kolam Air Asin Ada di Batu Palano, Ade Edward: Kita Suprise

Sabtu, 01 Oktober 2016, 21:08 WIB | Wisata | Kab. Agam
Kolam Air Asin Ada di Batu Palano, Ade Edward: Kita Suprise
Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat, Ade Edward.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Adanya kolam air asin di Jorong Simpang Tigo, Kenagarian Batu Palano, Agam, membuat Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat, Ade Edward terkesiap.

"Kita surprise dapat kabar adanya kolam air asin di kaki Gunung Marapi," kata Ade Edward melalui pesan whatsapp-nya, Sabtu (1/10/2016).

Dikatakan Ade Edward, selama ini ia sudah mengeksplorasi berbagai tempat di Sumatera Barat untuk meneliti eksplorasi bahan galian tambang, mineral, batuan maupun berbagai fenomena lingkungan. Namun, belum mendengar kabar tentang kolam yang disebut warga dengan Tabek Aia Asin ini.

"Nanti akan kita teliti PH, kualitas air, mineral garam dan mineral ikutan lainnya. Jika terbukti benar, ini sangat luar biasa dan langka," tambah Ade. (Baca: Ada Kolam yang Airnya Asin di Batu Palano)

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Kendati takjub, Ade Edward menduga, penyebab kenapa air kolam yang terletak di kaki Gunung Marapi tersebut berasa asin dan pahit karena instruisi garam.

"Itu mineral garam alamiah yang keluar melalui rengkahan Patahan Sumatera yang melewati daerah Batu Palano," jelas Ade.

Kolam ini, tambah Ade, amat potensial dijadikan kawasan wisata alam. Sebab itu, ia mengharapkan kolam tersebut dari tangan jahil yang tak bertanggungjawab terhadap kerusakan lingkungan.

"Potensi alam seperti ini harus dikelola secara bijaksana dan bisa memberi manfaat secara ekonomi bagi masyarakat setempat dengan memberdayakannya menjadi wisata alam," tukas Ade yang berjanji akan segera turun ke lokasi untuk menelisik kebenaran kolam dengan rasa asin tersebut. (jal)

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: