Ada Kolam yang Airnya Asin di Batu Palano

Sabtu, 01 Oktober 2016, 18:12 WIB | News | Kota Bukittinggi
Ada Kolam yang Airnya Asin di Batu Palano
Tabek Aia Asin yang berlokasi di Kenagarian Batu Palano, Agam yang memiliki air jernih dengan rasa asin. Bagian yang bewarna biru, merupakan sumber mata air yang disebut memiliki kedalaman hingga 5 meter. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebuah kolam dengan panjang sekitar 15 meter di Jorong Simpang Tigo, Kenagarian Batu Palano, Kecamatan Sungai Puar, Agam, mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding kolam lainnya. Sebab, kolam yang terletak di tengah areal persawahan ini, dianggap memiliki sumber mata air asin.

Epa (44) warga yang tinggal di sekitar lokasi, menyebutkan, kolam ini dinamakan dengan Tabek Aia Asin. "Airnya asin bercampur pahit," Epa, Sabtu (1/10/2016).

Selain rasa airnya yang aneh, kolam yang punya dua mata air ini sangatlah jernih. Bahkan, isi kolam tersebut bisa terlihat jelas dari luar permukaan. "Di dekat mata air, kedalamannya bisa mencapai 5 meter. Tak ada ikan yang mampu hidup di sini," sebut Epa.

Akibat rasa airnya yang aneh, kata Epa, tak ada warga yang mau mengonsumsi air ini. Katanya, air kolam ini hanya dimanfaatkan warga untuk irigasi maupun mandi.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Anak-anak kecil sering berenang di sini. Selain itu, kolam ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit," lanjutnya. (Baca: Kolam Air Asin Ada di Batu Palano, Ade Edward: Kita Suprise)

Epa tak bisa menjelaskan kenapa air kolam ini bisa asin bercampur pahit. Sebab, sewaktu ia kecil, airnya pun sudah aneh seperti sekarang. "Air ini berasal dari Gunung Marapi. Entah ada hubungannya dengan aktifitas vulkanis gunung, saya juga tidak tahu," pungkasnya.

Salah seorang pengunjung asal Bukittinggi, Jeri, mencoba mencicipi air kolam yang amat jernih ini. Seketika, ia langsung memuntahkan air tersebut.

"Rasanya aneh, agak asin dan pahit sekali. Meski tak seasin air laut," ungkap Jeri.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

Bagi yang punya riwayat penyakit kulit, tempat ini merupakan salah satu pilihan amat tepat. Lokasinya pun tak begitu sulit, karena terletak tak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Koto Baru-Sungai Puar. (jal)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: