4 Jalur TdS di Agam Rawan Bencana

Selasa, 19 Juli 2016, 18:57 WIB | Sport | Provinsi Sumatera Barat
4 Jalur TdS di Agam Rawan Bencana
Ilustrasi
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam Hadi Suryadi mengatakan, rute yang akan dilalui peserta Tour de Singkarak (TdS), miliki empat titik rawan bencana longsor.

"Keempat daerah rawan bencana itu berasa Kelok 44, kawasan Lawang Park (tempat finish), jalur Malalak--Sicincin dan Kecamatan Baso," kata Hadi Suryadi saat rapat Persiapan pelaksanaan TdS 2016 di aula dua Kantor Bupati Agam, Selasa (19/7/2016).

Untuk mengatasi ini, akan dilakukan pengaman melalui para petugas dari Polres Agam, Polres Bukittinggi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, BPBD, Satpol PP dan polsek maupun Danramil setempat.

Pada TdS 2016, Agam akan dilalui tiga etape. Dati tiga etape tersebut dua hanya dilalui satu menjadi tempat finish.

Baca juga: Jelang TdS, Nasrul Abit: Bersihkan WC di Lokasi Wisata

Dari tiga etape yang dilalui itu yaitu, etape 1 dengan panjang 96 km Sabtu (9/8), mengambil start Dermaga Danau Singkarat Solok dan finish di Nagalu Indah Payakumbuh, wilayah Agam yang dilalui Kecamatan Baso, jalan yang di lalui Danau Singkarak -- Ombilin -- Rambatan -- Pasar Batu Sangkar -- Pasa Baso -- Kantor Balai Kota Payakumbuh -- Limbukan -- Labuh Silang -- Pasar Ibuh -- Simpang Napar -- Simpang Bunian -- Simpang Kasda dan berkahir di Ngalau Indah Payakumbuh.

Etape 4 sepanjang 150 km start Kota Padang Panjang finish di Lawang Park Kecamatan Matur Kabupaten Agam Selasa (9/8). Rute akan dilalui Kota Padang Panjang -- Serambi Mekah -- Jl.Raya Bukittinggi Padang -- Sicincin -- Simpang Jagung -- Kota Pariaman -- Simpang Apar -- Sungai Limau -- Tiku -- Kota Lubuk Basung- Maninjau -- Kelok 44 -- Embun Pagi dan finish di Lawang Park Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Etape 8 sepanjang 146,5 km pada Minggu (14/8), star Bukittinggi finish di Kota Padang wilayah Agam yang dilewati Kecamatan Banuhampu, IV Koto dan Kecamatan Malalak, jalan yang dilalui mulai Start Istana Bung Hatta Kota Bukittinggi -- Panorama -- Simpang Tembok -- Kantor Balai Kota Bukittinggi -- Simpang Mandi Angin -- Lapangan Kantin -- Simpang Padang Lua -- Simpang Malalk -- Sicincin -- jalan Padang Bukkittinggi -- jalan.Pemuda -- Simpang Hang Tuah -- jalan.Samudra Finish di Tugu Perdamaian Kota Padang.

Hadi Suryadi berharap kerjasama dari pihak kepolisian, TNI, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Agam untuk bersama mensukseskan acara TdS ini dengan melakukan persiapan persipan pembersihan jalan baik berlobang, berpasir, pembenahan taman di Kota Lubuk Basung dan Kelok 44. (rel)

Baca juga: TdS 2016 Dimulai 6 Agustus, Ini Jadwal dan Rute Lengkapnya

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024