Sosialisasi Konsumsi Ikan, Forikan Agam Dinilai

Rabu, 25 Mei 2016, 10:59 WIB | Wisata | Kab. Agam
Sosialisasi Konsumsi Ikan, Forikan Agam Dinilai
Ketua Forikan Sumbar Nevi Irwan Prayitno, disambut gadis-gadis cilik saat menilai kegiatan dan program yang dilakukan Forikan Agam, (24/5/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tim penilai dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumbar mengunjungi Kabupaten Agam untuk menilai kegiatan dan program yang dilakukan Forikan setempat, (24/5/2016)

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan penilaian untuk seluruh kabupaten dan kota dalam menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang menjadi program nasional.

Ketua Forikan Sumbar Nevi Irwan Prayitno mengatakan penilaian tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana keaktifan daerah dalam memberikan informasi yang benar tentang manfaat mengonsumsi ikan secara luas kepada masyarakat.

Kabupaten Agam dinilai dari 6 nominasi terbaik tingkat provinsi yang satu-satunya kabupaten yang masuk ke tiga kategori penilaian, diantaranya penilaian Ketua Forikan, paud terintegrasi dan rumah makan yang menyajikan masakan serba ikan.

"Tentunya kita berharap Agam bisa mempertahankan ke tiga kategori ini di tingkat provinsi dan nasional nantinya," terangnya.

Sementara itu, Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri, mengatakan pihaknya mencatat jumlah masyarakat yang mengonsumsi ikan terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut dia, hal itu bisa dicapai berkat kerjasama yang dibangun dengan dinas dan instansi terkait dalam memberikan informasi dan penyuluhan secara luas dan menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Di samping sebagai lauk pauk, kami juga mencoba mengembangkan beberapa produk makanan olahan menggunakan ikan sebagai salah satu bahan bakunya melalui kegiatan, seperti, melaksanakan Rekor MURI Penyajian pepes/ palai Rinuak terbanyak 7.777 porsi," katanya.

Menurutnya, pelatihan dan pembinaan menu olahan ikan bagi penjaga kantin sekolah pun juta dikemas dalam bentuk jajanan sehat serba ikan. "Sekali sebulan kita mensosialisasikan Gemarikan kepada guru-guru PAUD melalui mobil ATI sebagai sarana pengenalannya," terang Vita.

Vita menambahkan, Forikan juga telah melakukan kerjasama dalam bentuk MoU yang didukung penuh oleh pemerintah agar Gemarikan masuk di seluruh lapisan masyarakat. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: