Dua Siswa Berprestasi Diberi Tabanas

Minggu, 20 Maret 2016, 20:58 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Dua Siswa Berprestasi Diberi Tabanas
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi Alfizal (Kepsek SMPN 1 Guguak) menyerahkan tabanas dan buku motivasi bagi siswa SMPN 1 Guguak, yang merebut prestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat dan nasional, Sabtu (19/3/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, guru di luhak limapuluh ini banyak yang hebat dan berkompetensi. Buktinya, cukup banyak siswa yang berprestasi di tingkat provinsi bahkan nasional. Hanya saja, kebolehan itu kurang terekposes sehingga tidak banyak mayarakat yang mengetahuinya.

"Kebolehan itu antara lain ditunjukan Ruhiyah Faradishi W, siswi SMPN 1 Guguak yang sukses jadi yang terbaik dalam Try Out Ujian Nasional (UN) di Provinsi Sumatera Barat beberapa hari lalu. Dari 14.983 siswa SMP di Sumatera Barat yang mengikuti Pra UN pekan lampau itu, Ruhiyah tampil dengan nilai tertinggi," kata Irfendi di hadapan para guru dan siswa serta Kepsek SMPN 1 Guguak Alfizal dalam kunjungan ke sekolah tersebut, Sabtu (19/3/2016).

Di samping itu, siswa sekolah yang sama, Aulia Rahman, juga sukses merebut juara pertama Olimpiade Sains Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Atas kebolehannya, Aulia mewakili Sumatera Barat untuk olimpiade sains tingkat nasional, yang dilaksanakan di Palu, Sulawesi Tengah, belum lama ini.

Tak kalah mengembirakannya, lanjut Irfendi, sebanyak 9 sekolah tingkat SMP dan SMA, juga berhasil mendapatkan predikat sekolah dengan Indeks Integritas penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) tinggi. Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswesdan itu membuktikan anak Limapuluh Kota, jujur karena gurunya berkualitas dan berkarakter.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

"Saya yakin guru kita memiliki kompetensi dan mempunyai karakter yang baik, serta dapat menjadi suri teladan bagi muridnya. Itu semua juga karena mereka mendidik muridnya dengan niat ibadah," kata Irfendi mengutip tambil, bila ingin melihat kualitas suatu bangsa, maka lihatlah kualitas gurunya.

Di akhir sambutannya, Irfendi didampingi Alfizal (Kepsek SMPN 1 Guguak) dan Radimas (Kepala Dinas Pendidikan) menyerahkan tabanas bagi Ruhiyah Faradishi dan Aulia Rahman masing-masingnya Rp2 juta dan Rp1,5 juta. Selain itu Irfendi juga memberikan buku dan menjanjikan beasiswa hingga tamat bagi keduanya, bila melanjutkan pendidikannya di SMA yang ada di Limapuluh Kota.

Sebelumnya, Alfizal menyebut, prestasi lain yang ditorehkan siswanya di tingkat nasional, provinsi dan daerah antara lain dibidang story telling, MTQ, bidang studi Matematika, IPS, baca puisi dan lainnya.

"Bahkan pada Olimpiade Matematika yang diadakan UNP beberapa bulan lalu, siswa kami berhasil meraih juara pertama dari 1.500-an peserta," ujar Alfizal. (kyo)

Baca juga: Semangat Kepahlawanan harus Tetap Menyala

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: