Sembilan Sekolah di Limapuluh Kota Berintegritas Tinggi

Jumat, 18 Maret 2016, 09:52 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Sembilan Sekolah di Limapuluh Kota Berintegritas Tinggi
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto dengan para kepaal sekolah usai menyerahkan piagam penghargaan IIUN yang diterimanya dari Menteri Anies Baswedan. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak delapan SMP dan satu SMA di Limapuluh Kota, merebut predikat sekolah dengan Indeks Integritas penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) yang tinggi pada 2015. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, mengaku bangga dengan prestasi tersebut.

"Kita bangga, sembilan sekolah kita meraih penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswesdan. Prestasi kejujuran yang luar biasa ini, harus terus ditingkatkan. Kalau kini IIUN diperoleh 9 sekolah, tahun besok harus lebih banyak lagi," ujar Irfendi di ruang pertemuan SMPN 1 Payakumbuh, Kamis (17/3/2016), sebagaimana rilis yang diterima redaksi.

Menurut Irfendi, penghargaan yang baru diterimanya itu,. membuktikan sekolah di daerah ini jujur dan hebat. Sekolah yang sukses merebut penghargaan, patut mendapatkan perhatian khusus dari Dinas Pendidikan daerah ini agar lebih bergairah meningkatkan kebolehannya di masa mendatang sekaligus memotivasi sekolah lain untuk merebut prestasi serupa.

"Kita menyadari mempertahankan pretasi itu tidak gampang. Begitu juga dengan sekolah lainnya, diharapkan ikut mengejar pretasi serupa di tahun berikutnya," pinta putera Koto tangah Simalanggang ini, di hadapan para kepala SMP dan SMA se-Kabupaten Limapuluh Kota dan Kepala Dinas Pendidikan Radimas.

Baca juga: Wako Bukittinggi bersama Dewan Pendidikan Kunjungi SMAN 1 Landbouw

Diharapkan Irfendi, pihak sekolah untuk terus menanamkan dan menumbuhkembangkan integritas, kejujuran budi pekerti terhadap siswa. Ia mengaku, tidak ingin generasi di daerah ini terbawa arus budaya barat yang terkadang tidak sesuai dengan norma dan etika masyarakat.

Dikatakan, pendidikan, integritas dan kejujuran sangat sesuai dengan visi dan misinya. "Kita ingin pihak sekolah lebih inten lagi menumbuhkembangkan nilai-nilai integritas, etika dan kejujuran dengan pembelajaran-pembelajaran karakter yang baik. Selain di sekolah, hal ini juga harus dilakukan di tengah keluarga dan lingkungan masyarakat. Pendidikan dan kejujuran ini sesuai dengan visi misi saya selaku bupati," papar pemimpin pilihan masyarakat tersebut.

Di kesempatan itu, Irfendi juga mengingatkan semua sekolah untuk melaksanakan keterbukaan terhadap publik. Sebab, UU No 14 Tahun 2008 jelas mengamanatkan, semua informasi publik wajib dibuka atau diinformasikan.

"Kita sudah pernah mendatangkan Komisi Informasi Provinsi Sumbar untuk memberikan sosialisasi ke tengah aparatur di daerah ini, beberapa waktu lalu," tutur Irfendi.

Baca juga: Wako Bukittinggi Terima Audiensi Dewan Pendidikan, Ini yang Dibicarakan

Keterbukaan itu, lanjutnya bukan hanya terkait dengan anggaran, namun juga soal asset. Untuk itu ia meminta setiap sekolah, membuat kartu inventaris ruangan (KIR)-nya. Ketika ada pemeriksanaan asset, pihak sekolah tidak kelabakan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: