Irfendi Dorong Pelajar Berani Tampil di depan Publik

Senin, 22 Februari 2016, 18:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Dorong Pelajar Berani Tampil di depan Publik
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mendorong siswa SDN 03 Mungo, untuk berani tampil di depan publik, saat upacara bendera sekaligus pencanangan hari peduli sampah nasional 2016 di SDN 03 Bungo Kecamatan Luak, Senin (22/2/2016). (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, kaum muda harus bisa berpidato. Sebab, generasi penerus itu kelak akan jadi pemimpin. Agar piawai berbicara di depan umum, anak tersebut perlu latihan sejak kecil.

"Saya berharap, ke depan anak-anak kita berani tampil di depan umum dan bisa berpidato. Untuk itu, anak tersebut harus mendapatkan pelatihan yang dimulai dari kecil," ungkap Irfendi dalam arahannya pada upacara bendera sekaligus pencanangan hari peduli sampah nasional 2016 di SDN 03 Bungo Kecamatan Luak, Senin (22/2/2016).

Sekolah, lanjut Irfendi, harus bisa jadi titik awal membentuk keberanian dan membangun anak untuk menjadi pemimpin. Sebab, keberanian itu penting dan menentukan bagi kesuksesan seseorang.

"Kalau tidak bisa berpidato, bagaimana bisa jadi bupati. Mudah-mudahan murid dari sekolah ini, ada yang jadi bupati. Saya senang murid kelas satu berani tampil ke depan lapangan upacara ini," ujar Irfendi sembari meminta para murid yang bercita-cita jadi bupati untuk tunjuk tangan.

Baca juga: Di Pessel, Indeks Pencapaian SPM Pendidikan Capai 68,3 Persen

Dipaparkan, kemampuan berpidato akan memberikan kesan positif bagi seseorang. Kemampuan berbicara di depan umum itu dapat menjadi salah satu modal berkarir bagi seseorang dan orang yang memiliki kemampuan berpidato akan lebih mudah menyampaikan pesan-pesan.

Di kesempatan itu, Irfendi juga membantah anggapan kualitas siswa di kabupaten Limapuluh Kota tidak bagus. Sebaliknya, kualitas generasi daerah ini bagus, hanya saja mereka jarang tampil di depan umum.

"Kemarin, kami mengikuti lomba sains dan bahasa Ingris di SMAN 2 Harau. Terlihat kualitas generasi muda kita sangat bagus. Barangkali tampil atau keluar dari kadang itu yang kurang. Saya harap, pihak sekolah dan instansi terkait untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya ke para siswa untuk sering tampil," tegas Irfendi, dikutip dari siaran pers Pemkab Limapuluh Kota.

Keinginan Pemkab, ujar putera Simalanggang itu, generasi muda ini sering tampil di tingkat provinsi bahkan nasional. Bibit emas itu banyak di Limapuluh Kota. Tapi, karena faktor manajemen dan sistem yang kurang bagus, menjadikan potensi tersebut tidak terangkat secara optimal.

Baca juga: PENDIDIKAN: Di Pessel, Kemampuan Literasi Siswa Meningkat 14,43 Persen

"Saya minta ke depan, anggaran daerah kita lebih diprioritaskan buat kepentingan ummat terutama pendidikan dan kesehatan. Saya miris tingkat IPM kita rendah, sedangkan faktanya bagus," tutur Irfendi sembari mengatakan visi misi utamanya untuk daerah ini adalah pendidikan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: