Bukittinggi akan Bangun Museum Scientific Sejarah Alam Bawah Tanah, Pjs Wako Lobi Kemanparekraf

Sabtu, 19 Oktober 2024, 23:15 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Bukittinggi akan Bangun Museum Scientific Sejarah Alam Bawah Tanah, Pjs Wako Lobi...
Pjs Wali Kota Bukittinggi, Hani Syopiar Rustam dan staf, foto bersama dengan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini di Jakarta, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Mohon ada intervensi dari pusat, apakah itu dengan bantuan manajemen tata kelola pariwisata, termasuk juga untuk menunjuk Bukittinggi sebagai tuan rumah event berskala nasional dan internasional," ungkapnya.

Hani Syopiar juga meminta penjelasan terkait arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada Rakor Inflasi tanggal 7 Oktober 2024, terkait Gim dan pengembangannya.

Hal ini memiliki potensi yang luar biasa, dan dapat berdampak positif pada peningkatan pendapatan daerah.

Baca juga: Mahyeldi: Ekraf Terbukti Tingkatkan Perekonomian Daerah

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini menyampaikan, Kota Bukittinggi merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat.

"Bukittinggi sudah punya brand yang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan," ungkapnya.

"Bukittinggi tinggal bagaimana menjalin terus komunikasi dengan pusat. Dalam RPJMN tahun 2020-2024 Pemerintah menetapkan Bukittinggi dan Padang jadi salah satu Destinasi Pariwisata Pengembangan (DPP)," terang dia.

"Bukittinggi juga harus memiliki penguatan anggaran untuk pariwisata, dan membuat event rutin setiap bulan yang dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara," ujarnya.

Lebih lanjut, Oneng menjelaskan terkait pengembangan industri Gim Nasional, "perlu upaya secara konvergen, holistik, integratif dan berkualitas yang disusun dalam Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional mempedomani Perpres No. 19 Tahun 2024.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah dan/atau Pemda dapat bekerja sama dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, dunia industri, jejaring komunitas dan/atau media," pungkasnya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024