TMSBK Bukittinggi masih jadi Daya Tarik Wisatawan

Sabtu, 19 Oktober 2024, 16:16 WIB | Gaya Hidup | Kota Bukittinggi
TMSBK Bukittinggi masih jadi Daya Tarik Wisatawan
Wisatawan menikmati aneka hewan yang ada di TMSBK Bukittinggi. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (17/10/2024) - Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi terus menunjukkan popularitasnya sebagai objek wisata favorit bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri di Kota Bukittinggi.

Kabid TMSBK dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Silvirawane Ria Putri mengungkapkan, TMSBK berhasil mencatat jumlah pengunjung yang signifikan meskipun ada persaingan dari objek wisata gratis seperti Jam Gadang.

"Penerapan kenaikan tarif masuk baru untuk wisatawan mancanegara menjadi Rp50 ribu, berdasarkan Perda No 8 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, tidak memengaruhi minat wisatawan lokal yang tetap membayar Rp25 ribu untuk masuk ke TMSBK," ungkap Silvirawane di ruang kerjanya, Kamis.

Data yang dikumpulkan dari Januari hingga September 2024, menunjukkan bahwa sebanyak 442.016 orang mengunjungi TMSBK dan Benteng Fort De Kock, dengan mayoritas pengunjung berasal dari wisatawan nusantara.

Baca juga: Bukittinggi akan Bangun Museum Scientific Sejarah Alam Bawah Tanah, Pjs Wako Lobi Kemanparekraf

Kontribusi ini menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bukittinggi yang mencapai lebih dari Rp11 miliar.

Keberhasilan TMSBK dalam menarik wisatawan tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai magnet pariwisata utama di Bukittinggi, tetapi juga memberikan dampak positif secara ekonomi bagi daerah tersebut. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024