Ini Proyek yang Diusulkan Pj Wako Bukittinggi ke Kementerian PUPR

Sabtu, 19 Oktober 2024, 19:27 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Ini Proyek yang Diusulkan Pj Wako Bukittinggi ke Kementerian PUPR
Pj Wako Bukittinggi, Hani Syopiar Rustam bersama sejumlah pimpinan OPD, dialog dengan Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Krisno Yuwono di Jakarta, Jumat. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (18/10/2024) - Pjs Wali Kota Bukittinggi, Hani Syopiar Rustam temui Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Krisno Yuwono, bahas pembiayaan perbaikan (rehabilitasi) dan pembangunan infrastruktur baru melalui dana APBN.

"Usulan bantuan pembiayaan rehabilitasi dan pembangunan infrastruktur ini diajukan karena akan membutuhkan biaya besar, sehingga cukup memberatkan APBD Bukittinggi," ungkap Hani Syopiar Rustam.

Hal itu dikatakannya, usai menemui Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR bersama Pj Sekda, Elqadri, Kadis PUPR, Rahmat AE, Kadis Perkim, Ebyuleris dan perwakilan Bappelitbang, Jumat.

Menurut dia, usulan perbaikan dan pembangunan infrastruktur baik itu jalan, jaringan irigasi maupun permukiman, agar bisa didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca juga: Pjs Wako Bukittingi Evaluasi dan Konsolidasi Program Pariwisata dan Ekraf

"Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun 2025. Jika belum, tentu kita minta atensi KemenPUPR, bisa jadi prioritas di 2026. Sebab, ini berkaitan erat dengan peningkatan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat kita," ungkapnya.

Hani menjelaskan, sejumlah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan itu di antaranya: rehabilitasi jaringan irigasi DI Bandar Malang, Banda Gunjo, Banda Tangah, Banda Kapalo Koto.

Kemudian, rehab dan pengerukan sedimen jaringan irigasi DI Bandar Surian, peningkatan jaringan irigasi DI Bandar Gulai Bancah.

Selain itu, juga diajukan proposal bantuan pembangunan baru saluran induk dari simpang Jambu Air ke Batang Tambuo, pembangunan saluran drainase sepanjang Jalan Bypass.

Baca juga: Beras CPP Tahap III Khusus Oktober Disalurkan, Pjs Wako Bukittinggi: Terus Perbaharui Data Penerima

Lalu, prasarana pengendalian banjir Batang Tambuo dan Batang Agam, penanganan dam penahan jalan di Jalan Binuang Ngarai Sianok dan pembangunan prasarana sungai pemasangan bronjong Ngarai Sianok. (*)

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024