DPRD Agam Gelar Paripurna LKPj 2023, Sekda: Pendapatan Transfer masih Mendominasi

Kamis, 28 Maret 2024, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
DPRD Agam Gelar Paripurna LKPj 2023, Sekda: Pendapatan Transfer masih Mendominasi
Sekda Agam, Edi Busti menyampaikan LKPj Tahun 2023 pada rapat paripurna DPRD Agam yang digelar, Kamis. (humas)

AGAM (28/3/2024) -- Sekda Agam, Edi Busti mengatakan, tahun anggaran 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi pemerintahan daerah maupun masyarakat.

"Program yang dilaksanakan di tahun 2023, masih terfokus pada beberapa mandatori yang harus dipenuhi daerah," ungkap Edi Busti, Kamis.

Hal itu disampaikan Edi Busti saat mewakili bupati dalam rapat paripurna DPRD Agam dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2023.

Dalam sidang paripurna tersebut disampaikan berbagai capaian dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan selama tahun tersebut.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

"Penyampaian LKPJ Tahun 2023 ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) No 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri No: 18 Tahun 2020," ungkapnya.

Pelaksanaan program dan kegiatan pada Tahun Anggaran 2023 jadi fokus utama, sebagai tahun ketiga dari periode lima tahunan pemerintahan.

Bupati juga menyoroti perubahan yang terjadi dalam APBD Tahun 2023 Kabupaten Agam dimana hasil evaluasi Triwulan II Tahun 2023 mengharuskan dilakukannya perubahan APBD, termasuk perubahan asumsi ekonomi makro, target indikator kinerja daerah dan pergeseran anggaran antar unit organisasi.

Salah satu poin yang diuraikan adalah mengenai pendapatan daerah terutama dana transfer dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

"Pendapatan dana transfer Kabupaten Agam Tahun 2023 adalah senilai Rp1,507 triliun lebih," ungkapnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: