BPRS Jam Gadang Raih TOP BUMD Golden Trophy 2024, Erman Safar Raih TOP Pembina

Minggu, 24 Maret 2024, 12:15 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
BPRS Jam Gadang Raih TOP BUMD Golden Trophy 2024, Erman Safar Raih TOP Pembina
Penilaian secara daring terhadap BPRS Jam Gadang pada event Top BUMD Award 2024 yang digelar Majalah TopBusiness bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda). (istimewa)

"Predikat luar biasa, sehingga BPRS Jam Gadang dapat menjadi contoh bagi BUMD lainnya di Indonesia," ujarnya.

Sementara, Ketua Penyelenggara Top BUMD Award 2024, M Luthfi Handayani mengungkapkan, kegiatan ini selaras dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017 tentang BUMD pasal 7 dan pasal 8, bahwa pengelolaan BUMD harus didasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik.

Dia menyebut, event TOP BUMD Awards 2024 diikuti 215 BUMD dari total sekitar 1.133 BUMD di Indonesia.

"Angka 215 tersebut merupakan jumlah yang mengikuti seleksi secara lengkap hingga wawancara dengan Dewan Juri TOP BUMD Awards 2024," kata dia.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, jumlah BUMD di Indonesia saat ini ada 1.133 BUMD yang tersebar di 546 pemerintah daerah.

Dari jumlah tersebut, ada 1.084 BUMD yang aktif dan 49 tutup sementara.

BUMD tersebut terdiri atas Bank Pembangunan Daerah (BPD), BPR milik Pemda, BUMD air minum, BUMD agro, BUMD migas, BUMD pasar termasuk pariwisata serta aneka usaha lainnya.

"Top BUMD Awards 2024 ini digelar untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam mempercepat peningkatan kinerja BUMD dalam membangun perekonomian di daerah," terangnya.

Sesi penjurian pada penghargaan Top BUMD Awards 2024 ini, terangnya, dilakukan secara ketat pada kurun waktu Januari hingga Februari 2024 lalu.

Adapun tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini yaitu "Penguatan Tata Kelola dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD."

"Top BUMD Award adalah satu-satunya kegiatan penilaian kinerja terbesar dan paling membanggakan di Indonesia bagi BUMD, BLUD dan Dinas Terkait BUMD, terkait dengan prestasi, perbaikan, dan kontribusi yang telah diberikan dalam pelayanan dan kinerja bisnis bagi perekonomian daerah," ujar Luthfi.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: