Mendagri Hadiri Puncak HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Minta Status Honorer Naik jadi P3K

Senin, 04 Maret 2024, 15:15 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Mendagri Hadiri Puncak HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Minta Status Honorer Naik...
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan pada Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Ahad (3/3/2024). (humas)

Dalam amanatnya, Tito juga menyatakan rasa bangga dan aspresiasinya kepada seluruh Anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia atas dedikasi dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk atas terselenggaranya rangkaian peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di Sumbar.

Menurut mantan Kapolri itu, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran yang sangat besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta dalam upaya penegakan Peraturan Daerah (Perda).

Dedikasi itu menandakan bahwa kedua satuan tersebut termasuk ujung tombak dalam pelaksanaan pemerintahan.

Baca juga: 300 Personel Linmas Bukittinggi Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

"Bersama unsur-unsur lainnya, Satpol PP dan Satlinmas merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi dan mengayomi masyarakat, serta turut menegakkan hukum, khususnya Peraturan Daerah," ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menghaturkan rasa syukur dan terima kasih atas dipercayainya Sumbar sebagai tuan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas untuk kali pertama dalam sejarah.

Terlebih, tak kurang dari 3.000 orang peserta hadir di Sumbar, yang sudah tentu memunculkan efek ekonomi yang baik bagi daerah.

"Kami menyadari betapa pentingnya peran dan fungsi Satpol PP sebagai penegak Perda. Salah satu harapan kami, agar Satpol PP yang masih berstatus honor agar bisa bisa dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang sudah tentu akan menambah motivasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Satlinmas, yang berada di garis depan bersama TNI/Polri, sehingga pelaksanaan pemilu di Sumbar dapat berlangsung lancar dan kondusif.

"Ke depan, kita juga berharap pelaksanaan Pilkada pada 27 November nanti, dapat dipersiapkan dengan baik, sehingga juga menjadi Pilkada yang kondusif dan aman," harap Mahyeldi.

Sementara itu, dalam laporannya, Plh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Amran menyampaikan, rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas sebelumnya telah diawali dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP dan Satlinmas pada 2 Februari 2024 di Hotel Truntum Padang.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: