42.982 Warga Limapuluh Kota Terima Cadangan Beras Pemerintah, Ini Arahan Bupati

Kamis, 01 Februari 2024, 12:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
42.982 Warga Limapuluh Kota Terima Cadangan Beras Pemerintah, Ini Arahan Bupati
Bupati Limapuluh Kota, Safarudin menyerahkan bantuan beras yang berasal dari CBP di sejumlah nagarai, Rabu. (humas)

LIMAPULUH KOTA (1/2/2024) - Pemkab Limapuluh Kota salurkan 429,82 ton bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) pada 31 Januari 2024. Penyaluran bekerjasama dengan Perum Bulog dan Pos Indonesia.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo menegaskan, penyaluran bantuan pangan berupa beras ini, merupakan bentuk pemberian jaminan atas pangan masyarakat yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"CBP ini merupakan upaya pemerintah mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan serta menanggulangi kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga serta mengendalikan dampak inflasi," ungkap Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, Rabu.

Hal itu dikatakannya saat memantau pendistribusian bantuan secara maraton di Nagari Koto Tangah, Sungai Naniang, Baruah Gunuang, Koto Tinggi dan Suliki.

Baca juga: Lantik 115 Kepala Sekolah, Ini Pesan Bupati

Penyaluran CBP bersama Perum Bulog dan Pos Indonesia, diharapkannya, dapat mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan.

Selain itu, untuk menangani kerawanan pangan dan mengintervensi harga beras yang beberapa waktu belakangan mengalami kenaikan.

Safaruddin berharap, distribusi bantuan tersebut dapat terselenggara dengan cepat dan merata sehingga 42.982 KK di 79 nagari di Limapuluh Kota dapat segera menikmati program yang dicanangkan Pemerintah Pusat tersebut.

Selain itu, dia mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dan sinergi Perum Bulog dan Pos Indonesia, sehingga bisa memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran dan tepat waktu.

Baca juga: 5 Ribu Pasangan di Limapuluh Kota Belum Miliki Dokumen Pernikahan, Ini Kata Bupati

Sementara, Kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Yunire Yunirman menyampaikan, bantuan pangan berupa beras tahun 2024 ini, akan menyasar 42.982 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk periode Januari.

Halaman:

Penulis: Fanny Komala Sari
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: