Tolong Simak! Persiapan Hal Ini Jika Mau Lolos CPNS 2024, Sekali Tes Langsung Jebol

Senin, 22 Januari 2024, 12:11 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Tolong Simak! Persiapan Hal Ini Jika Mau Lolos CPNS 2024, Sekali Tes Langsung Jebol
Ilustrasi tips lolos CPNS 2024

"Nanti pengumumannya serentak, pendaftarannya sama semua formasi melalui satu portal scsn bkn.g.id," katanya.

Pembuatan akun itu, kata Mr Milli, setelah dinyatakan CPNS telah dibuka terdapat tanggal pendaftarannya serta jadwalnya.

"Setelah itu Anda baru bisa membuat akun. Jadi kalau sekarang Anda buat akun itu enggak berlaku ya buat akunnya tersebut. Tunggu pendaftaran dibuka nanti akan diumumkan oleh BKN," katanya.

Info pembukaan CPNS bisa dilihat melalui wbsite dan sosmed BKN, website dan sosmed Kemenpan-RB, website dan sosmed Instansi terkait.

2. Tentukan formasi yang Anda ingin daftra CPNS atau P3K

Perhatikan formasi yang ingin Anda ikuti CPNS, apakah di Pusat atau CPNS daerah. Karena masing-masing formasi dan instansi memiliki syarat yang berbeda-beda. Kemudian tahapannya juga beda.

Untuk CPNS pusat dengan CPNS Pemda berbeda. CPNS pusat itu instansinya, seperti Kementerian atau KPK Kejaksaan, Mahkamah Agung.

"Walaupun ada perwakilannya di daerah tapi tetap instansi pusat, seperti Kemenkumham kan ada Kanwil di setiap provinsi tapi tetap masuknya ke pusat. Kalau tapi instansi daerah contohnya seperti guru SD di Kota Bengkulu," katanya.

3. Siapkan berkas

Untuk berkas ini terbagi menjadi dua, yakni yang pertama, berkas yang bisa Anda siapkan dari sekarang berbentuk file bukan fotokopian. Berkas berbentuk file asli yang dilegalisir bukan berkas fotokopi.

Maka, Anda harus scan bukan berbentuk fisik berbentuk dokumen baik itu PDF atau JPG. Terpenting, scan berkas jelas dan terbaca.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Mr Milli

Bagikan: