Tolong Catat! 10 Kesalahan Fresh Graduate saat Interview Kerja, Jangan Lakukan Auto Ditolak HRD

Rabu, 17 Januari 2024, 10:54 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Tolong Catat! 10 Kesalahan Fresh Graduate saat Interview Kerja, Jangan Lakukan Auto...
Ilustrasi interview kerja. (Foto: pixabay)

Nah, itu sudah memberikan waktu Anda untuk berpikir dan Anda tidak blank.

5. Hindari sikap arogan

Sikap arogan ini tidak disukai oleh HRD perusahaan karena Anda baru fresh graduate tapi sudah arogan, dan itu menurut HRD tidak profesional.

6. Mengeluh dan menjelekkan orang lain

Ini sering terjadi saat interview, apalagi ketika ditanya moment terburuk dalam hidup Anda. Kalau dalam kasus ini cobalah tidak menjelekan orang lain, tapi cobalah merubah mindset supaya Anda merasa telah melakukan improvement.

Jadi ketika Anda mengalami moment buruk jangan terlarut dalam menceritakan moment tersebut, tapi ceritakan tentang hikmah dari moment buruk tersebut dan apa yang Anda lakukan supaya bangkit kembali.

7. Jangan tanya gaji

Ini juga penting dalam wawancara kerja terkadang Anda suka dikasih tips bagaimana negosiasi gaji di perusahaan.

Kalau misalnya HRD-nya tidak menanyakan ingin digaji berapa, jangan dipancing. Usahakan Anda sudah tahu dulu dengan research kira-kira kisaran gajinya berapa, kalau misalnya nanti ada kesempatan untuk menawarkan gaji, barulah Anda menawar gaji kamu disitu.

8. Jangan tanyakan cuti

Anda belum keterima tapi sudah menanyakan cuti. Biasanya, sesuai undang-undang cuti disediakan 12 hari untuk 1 tahun. Mungkin di beberapa perusahaan akan berbeda tapi seharusnya tidak jauh dari range tersebut.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Maukerja Indonesia

Bagikan: