Gubernur Sumbar Curigai Banjir di Mapat Tunggul Selatan Akibat Penebangan Hutan

Jumat, 05 Januari 2024, 07:53 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman
Gubernur Sumbar Curigai Banjir di Mapat Tunggul Selatan Akibat Penebangan Hutan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Sabar AS (Bupati Pasaman) dan rombongan, meninjau lokasi banjir di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan dengan mengendarai motor trail, Kamis. (humas)

PASAMAN (4/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, banjir yang menerjang Nagari Silayang dan Muaro Sungai Lolo di Kabupaten Pasaman, terindikasi akibat penebangan hutan secara ilegal.

Mahyeldi juga tak menampik, bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan ini, dipicu faktor curah hujan yang cukup tinggi melanda kawasan itu.

"Saya lakukan tinjauan langsung ke lapangan dengan mengendarai motor trail, tak kurang dari 10 titik lokasi bencana yang berdampak langsung pada aktivitas kehidupan warga setempat," ucap Mahyeldi, di SMAN Mapat Tunggul Selatan, Kamis.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga menyalurkan bantuan logistik bagi warga terdampak banjir di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan beberapa hari lalu.

Baca juga: GOR H Agus Salim Resmi jadi Home Base SPFC di Liga I Indonesia, Gubernur Serahkan SK Pinjam Pakai

Selain itu, Mahyeldi juga terlibat diskusi intensif dengan warga dalam membahas upaya-upaya memajukan daerah tersebut.

Bantuan yang diantar untuk warga terdampak, merupakan bantuan logistik yang disiapkan Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar senilai Rp39 juta lebih dan bantuan beras sebanyak 2.444 kilogram.

Selain itu, Mahyeldi juga membawa dan menyalurkan bantuan yang bersumber dari BPBD Sumbar, Dinas Kesehatan dan sejumlah OPD lain.

Sementara, Plt Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi melalui Kepala Bidang Linjamsos, Andri Yunidal mengungkapkan, bantuan logistik yang diserahkan untuk warga Silayang dan Muaro Sungai Lolo antara lain, ratusan paket makanan siap saji, makanan anak, selimut, kasur, family kit, paket sandang, gula, susu, teh hingga beras.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Turut mendampingi, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi; Kalaksa BPBD Sumbar, Rudy Rinaldi; Kepala Dinkes, Lila Yanwar.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: