Realisasi 10 Program Prioritas Pemprov Sumatera Utara Alami Peningkatan, Ini Indikatornya

Minggu, 24 Desember 2023, 09:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Realisasi 10 Program Prioritas Pemprov Sumatera Utara Alami Peningkatan, Ini Indikatornya
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas Sitorus foto bersama dengan wartawan usai ekspose realisasi 10 program prioritas pembangunan Pemprov Sumut di press room kantor gubernur, Jumat. (humas)

Pemprov Sumut juga telah mendapat penghargaan sebagai provinsi terbaik 5 dalam pelaksanaan pendataan lengkap UMKM dari Kementerian Koperasi UMKM.

Terakhir, program penanggulangan pengangguran terbuka di Sumut yang saat ini berjumlah 472 ribu jiwa atau hanya 5,89% dari jumlah angkatan kerja.

Upaya yang telah dilakukan untuk mengurangi masalah ini di antaranya melakukan pelatihan berbasis kompetensi untuk 160 orang, pemagangan calon tenaga kerja baik di dalam maupun di luar negeri sebanyak 714 orang, fasilitasi penempatan 31 tenaga kerja di luar negeri sebanyak 1.904 orang.

"Kami juga telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumut 2024, naik 3,67%. Kenaikan ini sangat moderat dibandingkan dengan Provinsi lain yang diharapkan tidak menjadi beban bagi pengusaha."

"Sehingga pengusaha dapat terus mengembangkan usahanya dengan melakukan reinvestasi, agar tidak terjadi PHK dan dapat membuka kesempatan kerja bagi pencari kerja baru," paparnya.

Selain pencapaian kinerja pada sepuluh program prioritas, Pj Gubernur Sumut juga telah berhasil menjaga kondisi sosial politik dan kemasyarakatan Sumut yang aman dan kondusif, terutama menjelang Pemilu.

Selain itu, Pemprov Sumut juga telah memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada sebesar Rp705,9 miliar hibah kepada KPU dan Rp223,8 miliar hibah kepada Bawaslu. (*)

Halaman:
1 2 3 4 5

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: