Realisasi 10 Program Prioritas Pemprov Sumatera Utara Alami Peningkatan, Ini Indikatornya

Minggu, 24 Desember 2023, 09:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Realisasi 10 Program Prioritas Pemprov Sumatera Utara Alami Peningkatan, Ini Indikatornya
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas Sitorus foto bersama dengan wartawan usai ekspose realisasi 10 program prioritas pembangunan Pemprov Sumut di press room kantor gubernur, Jumat. (humas)

MEDAN (22/12/2023) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas Sitorus mengungkapkan, realisasi 10 program prioritas pembangunan di Sumut terjadi peningkatan signifikan di masa jabatan Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin.

"Indikator kinerja ini dihitung sejak Pak Hassanudin dilantik tanggal 5 September 2023 hingga akhir tahun 2023. Hal ini menggambarkan Provinsi Sumut mampu melewati tahun 2023 dengan baik," ungkap Ilyas Sitorus pada wartawan di press room kantor gubernur Sumut, Jumat.

Adapun 10 program prioritas pembangunan yang mengalami peningkatan tersebut yakni pertama sektor kesehatan.

Tahun 2023, Pembangunan kesehatan diarahkan untuk mengintervensi kesehatan ibu dan anak, untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan menurunkan angka pesakitan yang diharapkan dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut Siram Kadiskominfo di Resto, Ini Penyebabnya

Hasilnya, angka kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup berada di angka 44,91, angka kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup berada pada 2,14, angka prevalensi balita stunting sebesar 21,1% dan angka kesakitan 12,98%.

Angka harapan hidup Sumut mencapai 69,61 tahun masih di bawah angka harapan hidup nasional yang sudah mencapai 71,85 tahun.

"Ke depan kita akan terus berupaya meningkatkan angka harapan hidup di Sumatera Utara dengan program pemenuhan tenaga kesehatan dan sarana prasarana kesehatan," jelasnya.

Dijelaskannya, pemenuhan dokter spesialis di Sumut telah memenuhi standar rasio dokter spesialis per penduduk, bahkan mengalami peningkatan yakni dari 15,20 menjadi 15,62/100 ribu penduduk.

Baca juga: Diskominfo Sumut Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Harapan Ilyas Sitorus

Sisi sarana dan prasarana kesehatan, Puskesmas yang sudah terakreditasi mencapai 90,43%. Puskesmas yang sudah memenuhi standar sarana prasarana mencapai 78%, sementara untuk akreditasi rumah sakit mencapai 83,88% dan rumah sakit yang memenuhi standar sarana prasarana mencapai 26%.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: