Milad 1 Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Lembaga Pendidikan yang Lahirkan Sosok Khadijah dan Aisyah Era Modern

Senin, 06 November 2023, 10:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Milad 1 Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Lembaga Pendidikan yang Lahirkan Sosok...
Gubernur Sumbar, Mahyeli bersama Jusuf Kalla, Prof Heidar Nasir dan undangan lainnya, saat peresmian penggunaan asrama baru Diniyyah Puteri Padang Panjang, dalam rangkaian Milad 1 Abad Perguruan Islam itu, Sabtu. (humas)

PADANG PANJANG (4/11/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menegaskan, Diniyyah Puteri adalah pondok pesantren khusus perempuan pertama di Indonesia. Pondok ini telah melahirkan begitu banyak tokoh bangsa.

"Perguruan ini adalah buah karya ibunda kita, Rahmah El Yunusiah, sehingga beliau sangat patut disebut sebagai perempuan luar biasa," ucap Mahyeldi saat menghadiri Milad Satu Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sabtu (4/11/2023).

Diketahui, Syekhah Hajjah Rangkayo Rahmah El Yunusiah merupakan pendirinya Diniyyah Puteri Padang Panjang. Di tahun 2023 ini, menginjak usia 1 abad.

"Perjalanan panjang ini, jadi saksi betapa besarnya jasa Etek Amah (panggilan keseharian Rahmah El Yunusiah-red)," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: Sumbar Punya 8 Gelanggang Pacuan Kuda, Mahyeldi: Potensi jadi Sport Tourism

Menurut dia, sosok Rahmah El Yunusiah sudah sangat layak disemati gelar Pahlawan Nasional. Terlebih, jasa-jasanya tidak hanya spesifik di dunia pendidikan, melainkan juga berkontribusi besar di berbagai bidang dalam usaha-usaha mewujudkan Kemerdekaan RI di masa lalu.

"Semoga, harapan kita segera terealisasi, agar ibunda kita, Rahmah El Yunusiah segera disemati gelar Pahlawan Nasional," ungkap Mahyeldi.

"Kami dari Pemprov Sumbar telah memfasilitasi pengajuan tersebut. Sebab, memang sudah sangat sepantasnya," tambahnya.

Tutur hadir dalam agenda Milad Satu Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang tersebut, tokoh-tokoh nasional dan daerah.

Baca juga: HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

Di antaranya, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, H Muhammad Jusuf Kalla (JK), yang dalam kesempatan itu juga menggunting pita tanda penggunaan asrama baru Diniyyah Puteri Padang Panjang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: