40 WBP Lapas Suliki Dilatih Menulis, Kamesworo: Hasil Tulisan akan Dijadikan Buku Novel

Jumat, 27 Oktober 2023, 07:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
40 WBP Lapas Suliki Dilatih Menulis, Kamesworo: Hasil Tulisan akan Dijadikan Buku Novel
Bunda Literasi Limapuluh Kota, Nevi Saffaruddin didampingi Saffaruddin (bupati Limapuluh Kota) saat membuka pelatihan menulis yang digagas Lapas Suliki, Rabu. (istimewa)

LIMAPULUH KOTA (25/10/2023) - Sebanyak 40 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Suliki, diikutikan dalam pelatihan menulis dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023.

Pelatihan dengan tema "Pena di Balik Jeruji: Wujudkan Mimpi" ini diresmikan Bupati Limapuluh Kota, Saffaruddin Datuak Bandaro Rajo bersama Bunda Literasi Limapuluh kota, Nevi Saffaruddin.

"Alhamdulilah, kegiatan ini sangat positif. Kita bisa melatih warga binaan, agar memiliki keterampilan menulis membuat buku, cerpen dan novel yang difasilitasi Lapas Suliki," ungkap Saffaruddin mengapresiasi program inovasi pembinaan WBP dari Lapas Suliki ini.

Kegiatan yang juga dihadiri Forkopimcam itu, menghadirkan Firdaus selaku penulis dan pencipta lagu. Pelatihan digelar di Lapas Suliki, Rabu.

Baca juga: MTsN 06 Padang Alai Gelar Pelatihan Menulis

Dikatakan Safaruddin, kegiatan pembinaan ini pertama di Sumatera barat khusus di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki. "Kita sangat apresiasi dan support," ungkap Saffarudin dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Kegiatan ini terselenggara kerjasama Lapas Suliki dengan Bidang Pembinaan dan Pengawasan Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Limapuluh Kota.

Sementara, Kepala Lapas Kelas III Suliki, Kamesworo mengatakan, kegiatan ini merupakan inovasi pembinaan bagi WBP.

"Kegiatan ini nantinya akan menghasilkan karya berupa novel yang diisi dengan tulisan tangan warga binaan, mengenai kisah-kisah kehidupan dan pelajaran hidupnya," ungkap Kamesworo. (*)

Baca juga: Dosen Muda Unand Dilatih Penulisan Artikel Pengabdian Masyarakat Berbasis Media Massa

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: