UMKM jadi Pondasi Pertumbuhan Ekonomi, Nevi Zuairina: Selesaikan Tantangan dengan Kerjasama

Selasa, 24 Oktober 2023, 09:00 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
UMKM jadi Pondasi Pertumbuhan Ekonomi, Nevi Zuairina: Selesaikan Tantangan dengan...
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina saat membuka Pelatihan Peningkatan Sumberdaya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bukittinggi, kemarin. (humas)

BUKITTINGGI (24/10/2023) - Anggota DPR daerah pemilihan Sumatera Barat II, Nevi Zuairina mengungkapkan, UMKM telah membuktikan diri sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia bahkan dunia.

UMKM telah jadi pondasi penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, kontribusi UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha.

"UMKM berkontribusi sebesar 60,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), dan mampu menyerap hingga 96,9% tenaga kerja," ungkap Nevi saat membuka Pelatihan Peningkatan Sumberdaya Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bukittinggi, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa.

Politisi PKS ini juga menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi UMKM, termasuk akses keuangan yang terbatas, permasalahan pemasaran dan promosi, infrastruktur dan teknologi yang masih kurang.

Baca juga: NAGARI SAGO SALIDO Gelar Pelatihan Aplikasi Canva ke UMKM

Kemudian, masalah regulasi dan birokrasi yang kompleks serta keterbatasan pengetahuan dan keterampilan.

"Mengatasi tantangan ini, diperlukan kerjasama yang erat antara berbagai pihak terkait," nilai anggota Komisi VI DPR RI itu.

Nevi Zuairina kemudian menjelaskan berbagai kebijakan yang telah diambil pemerintah untuk mendukung UMKM di Indonesia.

Beberapa di antaranya, termasuk pembangunan infrastruktur yang memadai, program pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan Ultra Mikro, serta digitalisasi UMKM untuk meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

Selain itu, dia juga mengungkapkan komitmen pemerintah dalam mengampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: