Riau Job Fair Tahun 2023 Dibuka, Tersedia 2.200 Lowongan Kerja BUMN, BUMD dan PMA

Rabu, 23 Agustus 2023, 22:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Riau Job Fair Tahun 2023 Dibuka, Tersedia 2.200 Lowongan Kerja BUMN, BUMD dan PMA
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi.

PEKANBARU (23/8/2023) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Imron Rosyadi memastikan, tidak ingin Riau Job Fair ini hanya sekadar formalitas atau seremonial semata.

Yang paling penting dari kegiatan ini, tegasnya, adalah serapan tenaga kerja. Sehingga bisa mengurangi pengangguran di Riau.

"Pihak perusahaan sudah membuat surat pernyataan, lowongan kerja yang mereka buka di Riau Job Fair ini betul-betul lowongan yang memang mereka butuhkan dan itu harus mereka rekrut," kata Imron usai pembukaan Riau Job Fair di Hotel Prime Park Pekanbaru, Rabu.

Melihat pengalaman tahun lalu, kata Imron, serapan tenaga kerja melalui job fair cukup tinggi. Mencapai 70 persen dari total lowongan kerja yang dibuka. Sisanya, 30 persen itu tidak terserap karena pelamarnya tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: Satgas PASTI Rilis 6 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja Paruh Waktu

"Ada juga beberapa lowongan kerja yang tidak ada pelamarnya, tapi tidak banyak," ujarnya.

Tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan serapan tenaga kerja lewat Riau Job Fair ini lebih banyak lagi. Jika tahun lalu terserap 70 persen, tahun ini pihaknya menargetkan 80 persen pencaker yang ikut job fair bisa terserap.

"Tahun ini dari 2.200 Loker yang dibuka, ditargetkan bisa terserap 80 persen. Artinya sekitar 1.700 pencaker bisa terserap lewat bursa pameran kerja tahun ini," katanya.

Pengunjung Membludak

Baca juga: Info Lowongan Kerja ke Jepang, Ditutup 31 Mei, Ini Link Persyaratan dan Cara Pendaftaran

Sejak pagi, para pencari kerja sudah berduyun-duyun mendatangi lokasi bursa pameran kerja terbesar di Riau ini.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: