Wagub Sumatera Utara Kunjungi Iven Kampung Mengemping Padi di Desa Wisata Denai Lama

Selasa, 22 Agustus 2023, 07:00 WIB | Wisata | Provinsi Sumatra Utara
Wagub Sumatera Utara Kunjungi Iven Kampung Mengemping Padi di Desa Wisata Denai Lama
Wagub Sumatera Utara, Musa Rajekshah menikmati aneka jajanan yang tersedia di Pasar Kamu di Desa Denai Lama, Ahad. Desa ini merupakan desa wisata unggulan di Sumatera Utara. (humas)

DELISERDANG (20/8/2023) - Wakil Gubenur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah menilai, pelestarian adat juga tetap terjaga di desa wisata, Denai Lama.

Penduduk setempat juga telah membuat acara 'Kampung Mengemping Padi' di pasar yang ada di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang itu, untuk memberikan ruang pada anak-anak sanggar tari, memperkenalkan budaya di setiap daerah.

"Sekarang ini ada lagi dibuat Pasar Kampung Mengemping. Ini sangat bagus untuk pelestarian adat kita. Jadi nilai edukasi untuk anak-anak yang datang ke sini. Mereka paham budaya-budaya di daerah kita," jelas Ijeck, demikian dia karib disapa, saat berkunjung ke desa wisata itu, Ahad.

Dalam kunjungan itu, pria yang akrab disapa Ijeck tersebut melihat perkembangan 'Pasar Kamu' yang jauh berkembang pesat.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

"Perkembangan Pasar Kamu ini luar biasa. Semakin melibatkan semua orang yang ada di desa ini. Bukan hanya itu, sekarang semuanya dibuat lebih teratur. Termasuk pondok (warung) tempat warga berdagang," ujarnya.

Terlepas dari pelestarian budaya, kata Ijeck, Pasar Kamu dari sisi ekonomi, juga sudah memberikan pendapatan ekonomi untuk penduduk desa.

"Dari saya datang sebelumnya, sekarang pengunjung yang datang ke sini makin ramai. Bukan hanya dari Medan saja, melainkan wisatawan dari daerah lainnya juga datang ke sini. Desa ini berhasil menjadi magnet wisatawan," sebutnya.

Salah satu inisiator Pasar Kamu, Dedy Sofyan mengaku, saat ini Pasar Kamu melibatkan lebih banyak penduduk desa. Bukan hanya itu, aneka makanan yang dijual, juga lebih beragam.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Baso, Wagub Sumbar Usulkan Nagari Tabek Panjang Ikuti Ajang Desa Wisata, Ini Alasannya

Aneka makanan yang dijual di Pasar Kamu banyak, di antaranya makanan khas Melayu yang notabene suku asli di Desa Denai Lama.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: