5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun

Kamis, 17 Agustus 2023, 11:36 WIB | Bisnis | Nasional
5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun
Ilustrasi 5 ide kerja sampingan bagi PNS (foto: Canva)

Kerja sampingan beternak merupakan bagian dari profesi sebagai petani, yang mana, langkah-langkah untuk memulainya bisa dengan mempraktekkan metode seperti bertani di atas.

PNS yang memiliki waktu luang cukup banyak, bisa banget mulai beternak. Apalagi jika profesi tersebut sejalan dengan hobimu. Bisa mulai dengan beternak ayam, burung, kambing hingga sapi.

Tentunya, kamu harus memiliki lahan dulu ya karena beternak merupakan salah satu peluang usaha sukses di pedesaan. Apalagi jika menjelang Idul Adha, beternak sapi adalah jalan ninjamu untuk cuan.

Selain itu, kamu juga bisa coba ternak ikan lele karena kuliner tersebut cukup banyak dibutuhkan oleh para pedagang jaman sekarang. Bahkan, beternak burung puyuh serta bebek juga bisa loh. Bagaimana? Cuma tinggal mulai, kan?

4. Membuat Kerajinan

Membuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang, memang membutuhkan cukup banyak modal di awal ya tapi tetap bisa kamu lakukan meski tidak memiliki bakat khusus menurut Youtuber Van Java TV.

Karena hal tersebut bisa dilakukan dengan tujuan jelas untuk dicapai, asal memiliki niat dan tekat kuat serta ketahanan mental agar mempertahankan kegiatan serupa untuk waktu yang lama.

Contoh saja, kamu bisa membuat anyaman berbentuk tas dengan mengkreasikannya dari bahan yang tidak terpakai. Misalnya dari kardus bekas, bisa menghasilkan karya berupa celengan tangan.

Kemudian, bahan stik ice cream bisa kamu sulap menjadi jam dinding loh. Begitu pula dengan memanfaatkan botol plastik agar jadi pot bunga lucu, hingga koran bekas bisa dianyam jadi tempat tisu loh.

Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa kamu mulai, agar menghasilkan karya bagus seperti yang dipublikasikan penjelasan dan metode membuatnya oleh situs Gramedia.

5. Bisnis Online

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: