5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun

Kamis, 17 Agustus 2023, 11:36 WIB | Bisnis | Nasional
5 Kerja Sampingan Bagi PNS, Bisa Jadi Tabungan Masa Tua Saat Pensiun
Ilustrasi 5 ide kerja sampingan bagi PNS (foto: Canva)

WAHAI Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sedang mencari kerja sampingan, entah untuk menambah penghasilan atau mengisi waktu luang, yuk dibaca artikel ini.

Karena Valora News akan menjabarkan informasi terkait 5 ide kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh PNS, bahkan bisa jadi tabungan masa tua saat pensiun nanti loh.

Jadi, para PNS boleh banget buat menggarap usaha 5 kerja sampingan itu dan terus kembangkan hingga besar sampai akhirnya bisa menghasilkan ladang cuan saat pensiunan.

Rangkuman terkait 5 ide kerja sampingan bagi PNS tersebut diperoleh dari penjelasan Youtuber Van Java TV dalam videonya, semoga dapat menginspirasimu untuk mengisi waktu luang atau menambah penghasilan ya.

Baca juga: Terbukti Langgar Anggaran Dasar, Majelis Hakim PN Solok Tolak Gugatan Anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan

Mana tahu, dari kerja sampingan bisa berubah jadi usaha utama jika memang menghasilkan. Bahkan bila sukses, kamu bisa untung besar-besaran. Baik sebagai PNS atau pun pengusaha, cukup menggiurkan, bukan? Yuk simak informasinya!

5 Kerja Sampingan Bagi PNS

1. Bertani

Memang, profesi bertani hanya cocok digemari bagi PNS yang tinggal di desa. Lebih bagus lagi, jika kamu memiliki lahan tanah yang cukup luas hasil warisan nenek moyang terdahulu misal.

Melansir sebuah publikasi artikel dari portal agrisustineri, untuk menggeluti bidang bertani, kamu harus menciptakan motivasi diri agar dapat menemukan jenis pertanian yang akan digarap.

Baca juga: 5 Hari Libur Lebaran, 24.013 Orang Kunjungi Stasiun Lambuang Bukittinggi

Misalnya berkebun, kamu bisa menanam biji-bijian atau sereal, sayur mayur, perkebunan buah-buahan, jerami dan silase. Bahkan, bisa berupa produksi beras. Tentukan apa yang menjadi fokus dan tujuan ke depan.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: