Pj Bupati Mentawai Hadiri Rakor di Kemendagri, Ini Arahan Tito Karnavian

Minggu, 11 Juni 2023, 09:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Pj Bupati Mentawai Hadiri Rakor di Kemendagri, Ini Arahan Tito Karnavian
Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak (paling kiri, baris depan), saat hadiri Rapat Koordinasi yang diselenggarakan Kemendagri yang dihadiri para kepala daerah di Indonesia di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Lt 3 Kemendagri, Jumat. (humas)

JAKARTA (9/6/2023) -- Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, Penjabat (Pj) Kepala Daerah harus jadi role mode bagi para kepala daerah hasil pemilihan serentak tahun 2024.

Hal itu disampaikan Tito Karnavian saat jadi narasumber Rapat Koordinasi yang diselenggarakan Kemendagri yang dihadiri para kepala daerah di Indonesia di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Lt 3 Kemendagri, Jumat.

Rapat ini juga dihadiri Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak yang baru saja dilantik sebagai kepala daerah Mentawai, beberapa waktu lalu.

Rapat ini dalam rangka menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintah daerah dan pelayanan publik serta implementasi kebijakan strategi nasional di daerah. Dalam kesempatan itu, Tito Karnavian juga menyampaikan tiga hal penting untuk jadi pemimpin yang kuat (strong leader). Pertama, gantungan yang kuat yaitu bangun hubungan yang baik dengan pihak otoritas. Kedua, miliki suporting staf terbaik, yang mampu menampung setiap ide, gagasan dan kinerja (loyal, kompeten dan integritas). Ketiga, memiliki kepercayaan dan kepuasan dari publik (rajin turun langsung kemasyarakat). Dalam arahannya, Tito juga menyampaikan tentang pelaksanaan pilkada dan kerawanan pilkada serentak yang pertama kali diakukan dalam sejarah Indonesia. Dimana, pilkada serentak 2024 ini akan digelar pada 545 daerah. Rinciannya, 37 provinsi kecuali DIY, 415 kabupaten dan 93 kota kecuali 5 kota administratif di DKI Jakarta. "Kerawan pelaksanaan pilkada 2024, mirip dengan kerawanan pemilu 2024," ungkap Tito. "Jenis kerawan pilkada serentak 2024, juga sangat beragam sesuai dengan spesifik daerah. TNI dan Polri harus mengamankan agenda penting ini di daerahnya masing-masing. Lakukan pemetaan secara dini terhadap potensi kerawanan," tegasnya. Selain Kemendagri narasumber dari rakor ini antara lain KPK, Dirjen OTDA Kemendagri, Irjen Kemendagri dan Sekjen Kemendagri. (*)

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Prokopim Mentawai

Bagikan: