Peringatan Pekan Imuniasi Dunia 2023: Bio Farma Menjelma jadi Produsen Vaksin Terbesar di Asia Tenggara

Jumat, 12 Mei 2023, 22:56 WIB | Bisnis | Nasional
Peringatan Pekan Imuniasi Dunia 2023: Bio Farma Menjelma jadi Produsen Vaksin Terbesar di...
Menteri Kesehatan, Budi G Sadikin bersama Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir dan jajaran, pada peluncuran Pekan Imunisasi Dunia (PID) di Jakarta.

JAKARTA (10/3/2023) -- Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan, masyarakat perlu terus diberikan kesadaran akan pentingnya imunisasi dalam upaya meningkatkan kesehatan nasional.

"Peringatan Pekan Imunisasi Dunia ini merupakan salah satu momentum yang baik untuk kembali meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi, terlebih Covid-19 telah mengakibatkan cakupan imunisasi rutin lengkap anak menjadi rendah. Jika dibiarkan, akan berdampak pada munculnya outbreak penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi," papar Honesti dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis.

Honesti menguraikan, Bio Farma telah lebih dari 130 tahun mendukung program imunisasi nasional dengan memenuhi kebutuhan vaksin untuk masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2022 Bio Farma telah mendistribusikan lebih dari 178 juta dosis vaksin untuk imunisasi bagi bayi, anak usia sekolah dan wanita usia subur.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, Bukittinggi Sediakan 500 Dosis Vaksin Gratis

"Selain memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, Bio Farma juga telah memenuhi kebutuhan vaksin global dengan mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara," ujarnya.

Selama ini Bio Farma telah memproduksi berbagai jenis vaksin dengan kapasitas produksi hingga 3 miliar dosis. Bio Farma merupakan produsen vaksin yang masuk 5 besar dunia dan terbesar di Asia Tenggara.

Bio Farma telah memproduksi berbagai jenis vaksin, seperti polio, difteri, pertusis, tetanus, campak, hepatitis B, influenza, dan inovasi vaksin terbaru yaitu vaksin Covid-19 yang diberi nama IndoVac. Selain itu, kebutuhan 2/3 vaksin polio di dunia disuplai oleh Bio Farma.

Sementara, Direktur Hubungan Kelembagaan Bio Farma, Sri Harsi Teteki mengatakan, Bio Farma Group turut menjadi bagian pada puncak peringatan Pekan Imunisasi Dunia 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca juga: Indonesia Serahkan 1,58 Juta Vaksin Pentavalen untuk Nigeria

Serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) telah dilaksanakan di tingkat pusat dan daerah sejak bulan Maret hingga April 2023 dengan tema "Ayo Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat dengan Imunisasi Lengkap."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: