Biofarma Diundang jadi Peserta AIM Global 2023: Rahman Roestan: Kolaborasi Selamatkan Dunia dari Pandemi Covid19

Jumat, 12 Mei 2023, 22:32 WIB | Bisnis | Nasional
Biofarma Diundang jadi Peserta AIM Global 2023: Rahman Roestan: Kolaborasi Selamatkan...
Direktur Operasi Bio Farma, Rahman Roestan saat tampil jadi pembicara pada forum Annual Investment Meeting (AIM Global) di Abu Dhabi, United Arab Emirates yang diselenggarakan oleh AIM Foundation berkolaborasi bersama WHO pada 8-10 Mei 20203. (humas)

"Tujuan utamanya adalah memberikan solusi yang komprehensif untuk masalah kesehatan dan penyakit di Indonesia dan Kawasan Asia, memperkuat kemandirian industri farmasi nasional, meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan produk kesehatan, serta menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan obat-obatan dan produk kesehatan untuk mendukung ekosistem kesehatan," ungkap Rahman.

Bio Farma telah menerapkan berbagai strategi dalam mencapai tujuan nasional dan regional keamanan vaksin, obat, dan diagnostik.

Di antaranya adalah menegakkan kebijakan tentang kemandirian vaksin dan obat. Kemudian, menyusun rencana kesiapsiagaan pandemi, penelitian dan pengembangan kolaboratif, akuisisi teknologi, digitalisasi proses, kapasitas dalam pembuatan vaksin dan obat-obatan.

Baca juga: Covid19 Turun Status ke Endemi, Pekanbaru Tak Lagi Tanggung Biaya Perawatan, Vaksin masih Gratis

"Yang tidak kalah penting adalah mengharmonisasi Peraturan Daerah," ucapnya.

Di akhir paparannya, Rahman juga membahas kurangnya akses mendapatkan vaksin, obat-obatan, alat pelindung diri, kit diagnostik dan produk kesehatan prioritas lainnya. Termasuk, akses yang tidak merata dan tidak tepat waktu juga menjadi masalah terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah selama pandemi Covid-19.

Annual Investment Meeting (AIM) merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun di Uni Emirat Arab sebagai platform bagi semua sektor untuk berdiskusi secara terbuka mengenai tren dan peluang investasi terkini, memiliki kesempatan untuk bertukar ide dan menjajaki kemitraan potensial.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 20 ribu peserta yang terdiri atas top executives, decision makers, pemimpin perusahaan, pemerintah, dan perwakilan masyarakat dari 170 negara. (vri)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: