Petatah Petitih Bundo Kandung Maarak Marapulai, Yong Hendri: Perlu Diajarkan ke Anak Kemenakan

Minggu, 05 Maret 2023, 15:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Dharmasraya
Petatah Petitih Bundo Kandung Maarak Marapulai, Yong Hendri: Perlu Diajarkan ke Anak...
Pengurus LKAAM Sumatera Barat, Yong Hendri Datuk Paduko Reno yang didaulat jadi salah seorang dewan juri pada lomba Petatah Petitih Bundo Kandung Maarak Marapulai foto bersama dengan peserta lomba, Sabtu. (istimewa)

DHARMASRAYA (5/3/2023) - Pengurus LKAAM Sumatera Barat, Yong Hendri Datuk Paduko Reno didaulat jadi salah seorang dewan juri pada lomba Petatah Petitih Bundo Kandung Maarak Marapulai. Lazimnya, pidato adat ini disampaikan pada agenda Bako Maarak Marapulai di Kabupaten Dharmasraya.

"Lomba ini digelar dalam rangka melestarikan adat istiadat dan kebudayaan masyarakat Dharmasraya agar tidak hilang tergerus zaman," ungkap panitia dari mahasiswa KKN PPL STITNU Sakinah Dharmasraya.

Lomba ini digelar Sabtu (4/3/2023) di kampus STITNU Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Sementara, Yong Hendri Datuk Paduko Reno mengungkapkan, dalam prakteknya, Tradisi Maarak Marapulai ini disertai penyiraman Bareh Kunik.

"Adat istiadat secara orisinil sesuai kearifan lokal, perlu dilestarikan dan diajarkan pada anak kemenakan sebagai bagian dari regenerasi khususnya di Kabupaten Darmasraya pada umumnya provinsi Sumbar," ungkap Yong Hendri.

Yong Hendri yang juga salah seorang bakal calon anggota DPD RI Dapil Sumatera Barat di Pemilu 2024 nanti menuturkan, lomba yang digelar mahasiswa STITNU Sakinah ini, sejalan dengan visinya yakni menjadikan Nagari Adat yang Istimewa.

"Melalui lomba ini, diharapkan keterampilan pidato adat ini semakin banyak dikuasai masyarakat teruma oleh generasi muda," ungkap dia.

Selain jadi juri lomba pidato adat, Yong Hendri juga mewujudkan kepeduliannya pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menggelar pelatihan pada 6-7 Maret 2023. (*)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: