Novi Endri Dt Simarajo Dikukuhkan Pati Ambalau sebagai Ketua KAN Lubukbasung

Sabtu, 12 November 2022, 23:36 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Novi Endri Dt Simarajo Dikukuhkan Pati Ambalau sebagai Ketua KAN Lubukbasung
Novi Endri Dt Simarajo kembali dipercaya memimpin Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung masa bhakti 2022-2025.

Selain itu, Guspardi Gaus juga sudah memperjuangkan penerapan adat salingka nagari. Menurutnya, setiap nagari yang ada di Sumatera Barat memiliki kekhasan masing-masing seputar adat.

"Untuk itu saya berharap, ninik mamak dapat menjadi ujung tombak dalam penerapan ABS-SBK yang akan menjadi tauladan bagi anak kemenakan," ujarnya.

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah mengungkapkan, ninik mamak memainkan peran penting dalam penerapan nilai-nilai ABS-SBK. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan peran ninik mamak dalam mewujudkan visi-visi pemerintah daerah.

Menurut dia, pemerintah daerah tidak dapat berjalan sendiri tanpa ada dukungan ninik mamak, ulama dan tokoh masyarakat.

"Keberadaan ninik mamak sejalan dengan visi untuk menghadirkan Agam yang madani. Untuk mewujudkan visi ini diperlukan dukungan ninik mamak," ujarnya.

Sejauh ini, imbuh dia, ninik mamak khususnya di Lubuk Basung, umumnya di Kabupaten Agam sudah bergerak memberikan dukungan terhadap program-program pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah berterima kasih kepada seluruh ninik mamak, ulama dan tokoh masyarakat atas dukungan yang diberikan, sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Dia juga mengajak ninik mamak untuk terus menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal penyelesaian persoalan-persoalan kemasyarakatan.

"Pemerintah daerah membuka pintu selebar-lebarnya kepada ninik mamak untuk berkomunikasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," katanya lagi.

Ditambahkan wabup, tantangan pemerintah dan ninik mamak dewasa ini adalah bagaimana nilai-nilai ABS-SBK dapat berjalan dengan baik. (kyo)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: