Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena Mistis

Selasa, 16 Agustus 2022, 20:35 WIB | Kuliner | Nasional
Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena...
Durian gundul.

Pengunjung Mekarsari pun menunjukkan animo yang tinggi terhadap durian gundul itu, karena bentuknya yang unik. Menurut dia, durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada.

Tentang Durian Gundul

  • Durian gundul (buah gundulan) berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keunikan buah ini terletak pada buahnya yang tidak memiliki duri seperti buah durian pada umumnya sehingga dapat mempermudah dalam penanganan pasca panen.
  • Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan bobot 800-900 gr. Buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri! Rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix.
  • Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 -- 400 kg/pohon/tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 -- 700 meter dpl (di atas permukaan laut).
  • Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada. (kyo)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: