Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena Mistis

Selasa, 16 Agustus 2022, 20:35 WIB | Kuliner | Nasional
Viral! Durian Gundul Asal NTB yang Mulai Dicari-cari, Awalnya Tak Dimakan Warga Karena...
Durian gundul.

Namun eksportir durian asal Malaysia yang tak mau disebut namanya punya akal cerdik untuk mengatasi kendala tersebut.

Dia meminta supliernya untuk memotong duri yang terdapat dalam kulit durian, kemudian mengemasnya dengan plastik hampa udara, sehingga durian Malaysia dapat dikirim ke Australia menggunakan pesawat terbang.

Zheng Yousong (50), salah satu suplier durian Malaysia untuk kebutuhan ekspor ke Australia mengatakan, telah menyuplai durian yang telah dipotong duri pada kulitnya, sejak tahun 2007. Perkebunan duriannya di Raub, Pahang, Malaysia mampu menyediakan 300 buah durian "tanpa duri" itu, per hari.

"Eksportirnya bilang, durian yang (kulitnya) berduri tidak bisa diangkut ke luar negeri menggunakan pesawat terbang. Karena itu dia minta saya untuk memotongi duri-durinya," tutur Yousong, seperti dikutip dari Koran Guang Ming Daily.

Durian yang sudah dipotong duri-duri pada kulitnya, akan berkurang bobotnya sekitar 15 persen atau sekitar 200 gram. Rata-rata, satu buah durian memiliki berat sekitar 1,5-2,5 kilogram. Setelah duri pada kulitnya dipotong, bobotnya menjadi tinggal 1,2-2,2 kilogram.

"Durian yang sudah dibuat tidak berduri, juga memudahkan untuk dikemas supaya aromanya yang sangat menyengat itu, tidak menyebar. Durian Malaysia, aromanya sangat kuat, tapi metode pengepakannya membuat durian Malaysia bisa diangkut pakai pesawat terbang," jelas Yousong.

Dia lantas mengungkapkan, eksportir durian yang dia suplai, memiliki pabrik pengepakan di Taman Tamin Jaya, yang mengepak durian "tanpa duri" tersebut menggunakan plastik kedap udara sehingga membuat aroma durian tidak menyebar.

Perlu diketahui, sampai saat ini durian Malaysia adalah satu-satunya durian di dunia yang diizinkan memasuki pasar buah di Australia. Permintaan akan durian Malaysia di Australia, kian hari kian bertambah besar.

Sementara itu, pengelola Taman Wisata Mekarsari, Bogor, tahun lalu menyatakan keberhasilannya membudiadyakan durian gundul Lombok di luar habitat aslinya.

Bibit Sudah Tersedia di Mekarsari

Catherina Day, Kepala Seksi Bidang Humas Taman Wisata Mekarsari mengatakan, peneliti di Mekarsari berhasil memperbanyak durian gundul hingga mencapai seribu batang bibit.

Tanaman langka itu diperbanyak melalui proses vegetasi, yakni grafting dan okulasi (perkawinan langsung melalui daun atau tangkainya). "Bibitnya dijual ke pengunjung Mekarsari seharga Rp40 ribu per bibit," ujar Catherina.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: